Carian
Melihat Yang Dekat Dengan Lebih Cermat 
November 21, 2023 Arifin

Beberapa hari yang lalu, saya dan istri membeli kuliner tahu campur, yang secara lokasi tak jauh dari rumah. Itu adalah kali pertama kami membeli di situ. Padahal secara perhitungan matematika, telah kerap kami melewatinya.

Pencetus kami membeli di situ, cuplikan pemengaruh di media sosial yang memperlihatkan kelezatan kuliner tahu campur tersebut. Adakah Anda juga pernah mengalami hal yang kami alami?

Telahkah kita menjadi penjelajah yang baik untuk wilayah yang secara zonasi dekat dengan tempat tinggal? Pada diri manusia, teramat mungkin ada naluri untuk menjelajah dan mencoba aneka hal. Dan hal itu juga dapat terkait dengan jarak. Ada sensasi tersendiri ketika mencari sesuatu di jarak yang agak jauh. Seperti perihal makanan, terkadang kita memburu kuliner tertentu di suatu tempat yang tak begitu dekat dengan rumah. Ternyata yang kita cari, tak hanya sekadar kuliner, melainkan nuansa, perjalanan, apa yang sedang tren, dan sebagainya.

Melihat yang dekat dengan lebih cermat; hal tersebut sesungguhnya dapat dimaknai dalam banyak hal. Seperti misalnya penelitian, berupaya menjadi solusi dalam lingkup yang dekat, mengetahui apa yang kontekstual serta relevan dalam zonasi dekat rumah.

Melihat yang dekat dengan lebih cermat; dapat diejawantahkan dalam tugas sekolah misalnya. Apa sih permasalahan yang ada di dekat rumah? Narasumbernya pun dapat dijangkau, karena tak jauh dari rumah, pun begitu dengan solusi yang ditawarkan dapat kontekstual dan dipakai.

Di era kini yang disebut global village, terkadang yang jauh menjadi dekat, yang dekat menjadi jauh. Berbagai hal di belahan dunia ataupun tempat lainnya, kadang memikat kita untuk menelusurinya. Di sisi lain, jika mau lebih menajamkan indra, sesungguhnya apa yang di sekitar pun dapat menjadi petualangan yang seru.

Komen