Arifin Diterbitkan 24 November 2023

Menu Favorit Di Tempat Makan 

Di suatu tempat makan, lazimnya terdapat beberapa opsi pilihan makanan. Mana yang sekiranya Anda pilih? Adakah Anda yang tipikal konservatif, cari aman saja? Atau petualang rasa, yang suka mencoba-coba aneka makanan yang belum pernah sebelumnya dicicipi oleh lidah?

Tipe yang mana pun tak masalah. Biasanya pula tempat makan memiliki menu favorit, menu unggulan, yang dikedepankan. Menu favorit ini bisa jadi telah ditandai di buku menu, diwartakan oleh pelayan, ataupun tertera di spanduk. Terkadang, pengunjung dapat bertanya kepada pelayan, yang paling enak di tempat itu, yang paling favorit apa.

Menu favorit ini menjadi “magnet”, alasan utama orang berkunjung ke situ. Menu favorit juga dapat menjadi panduan bagi konsumen bahwa itulah “kekuatan utama”, “keahlian utama” dari koki di tempat makan tersebut.

Mengulas menu favorit, bahkan terdapat sejumlah tempat makan, yang praktis hanya memasak satu makanan. Contohnya Mie Kopyok Pak Dhuwur yang berada di Semarang. Tepatnya di Jalan Tanjung Nomor 18A, Pandansari, Semarang. Mie Kopyok Pak Dhuwur merupakan kuliner legendaris yang telah membuka tempat makannya sejak tahun 1965. Menariknya hanya ada satu menu di tempat makan tersebut yakni Mie Kopyok.

Perihal menu favorit, memang dapat menjadi berbeda pada lidah yang berbeda. Hal tersebut dapat dikarenakan selera lidah orang yang berbeda-beda. Hal itu juga yang memungkinkan seseorang, katakanlah memiliki menu favorit ketika berkunjung ke jenama tempat makan. Misalnya suka kentang goreng di tempat A, ayam goreng di tempat B, burger di tempat C, dan sebagainya.

Menu favorit dan selera lidah, mungkin itulah kiranya salah satu sekelumit seru dari makan bersama dengan pilihan menu yang berbeda. Dapat saling mencoba, menilai makanan yang disajikan. Dengan icip-icip sedikit, bisa terpetakan oh menu A di tempat makan ini enak, menu B di tempat makan ini kurang.