Carian
Menyiapkan Masa Ke Hadapan Untuk Anak 
November 28, 2023 Arifin

Masa ke hadapan, siapa yang tahu secara pasti. Maka prediksi, antisipasi, persiapan, dapat dilakukan. Ibaratnya melakukan sesuatu yang berada dalam rentang kendali diri – bila meminjam konsep Stoik.

Pun begitu ketika berbicara tentang pendidikan anak, keterampilan yang disiapkan, serta potensi masa mendatang. Adakah profesi yang Anda geluti sekarang ini presisi dengan apa yang dicita-citakan ketika waktu kecil dahulu ataupun saat sedang bersekolah? Adakah begitu banyak profesi yang luruh, pudar; di sisi lain profesi tertentu bermunculan – pada rentang ketika Anda bersekolah dengan masa kini ketika Anda telah menjalani karier.

Pun begitu dengan anak Anda di masa mendatang, profesi tertentu yang bisa jadi telah luruh, pudar; di sisi lain terdapat profesi baru yang mungkin sekarang belum terpikirkan bakalan ada. Sejumlah prediksi, analisa telah diungkap. Termasuk tantangan dan peluang dengan berkembangnya artificial intelligence (AI).

Lalu, apa yang dapat disiapkan orang tua untuk ananda? Kemampuan dasar tetap dapat dipupuk seperti menulis, membaca, segala sesuatu yang terkait dengan literasi. Di samping itu penting kiranya untuk mendidik secara holistik. Mendidik secara holistik dalam artian melakukan olah cipta, olah rasa, olah karsa, olah raga.

Pendidikan itu menajamkan pikiran, menghaluskan perasaan, dan menguatkan kemauan. Dengan bekal tersebut, kiranya anak dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat serta memiliki growth mindset.

Kiranya dengan semangat pembelajar serta growth mindset maka merupakan wahana untuk membaca zaman serta tetap relevan.

Kiranya petikan puisi dari penyair Kahlil Gibran perihal anak dapat menjadi panduan dan renungan:

Kau bisa memelihara tubuh mereka, tetapi bukan jiwa mereka

Sebab, jiwa mereka tinggal di rumah masa depan, yang takkan bisa kau datangi, bahkan dalam mimpimu.

Kau boleh berusaha menjadi seperti mereka, tetapi jangan menjadikan mereka seperti kamu.

Sebab, kehidupan tidak bergerak mundur dan tidak tinggal bersama hari kemarin.

Komen