Carian
Apa Saja Yang Telah Dikerjakan Hari Ini? 
November 30, 2023 Arifin

November 2023 telah hampir pungkas. 2023 pun tinggal menyisakan hitungan hari. Adakah sesal kok sepertinya terlewat saja 2023? Nanti dulu, mungkin itulah gunanya segala catatan, arsip, journaling – untuk mendeteksi apa saja yang telah dilakukan.

Telusur punya telusur, bisa jadi sesungguhnya pada 2023 ini telah banyak hal yang dilakukan. Hanya saja teredam dengan segala ingin, obsesi yang belum terengkuh. Ibarat gelas yang terisi air, bisa jadi fokus kita pada masih belum terisi penuhnya. Padahal di sisi lain, dapat disyukuri, dirayakan, gelas yang telah terisi dengan air dalam kadar yang meski belum penuh.

Memiliki arsip apa yang telah dilakukan, sekaligus menguatkan kepercayaan diri, berterima kasih pada diri. Di waktu-waktu yang ada telah berusaha sebaik mungkin kok melakukan segala sesuatunya secara optimal.

Langkah perubahan menuju perbaikan yang dilakukan, pun bisa tak melulu melaju stabil, terlihat jelas, progres terus. Bisa jadi ada stuck, mundur sedikit, jenuh, dan sebagainya. Namun, ada gerakan, evaluasi, serta konsistensi untuk bergerak berupaya melakukan perbaikan.

Done list yang dikerjakan juga menjadi pengingat, penanda, sudah sejauh mana perjalanan kita, serta apa saja yang telah dilakukan. Hal tersebut berguna pula ketika kemalasan, stres tengah terjadi. Maka tak mengherankan jika sejumlah orang memajang sejumlah pencapaiannya, entah itu piala, piagam, foto-foto keberhasilan, dan sebagainya.

Done list yang dirutinkan, sesungguhnya juga tak melulu menjadi obsesi pencapaian, melainkan bisa juga hal-hal yang terlihat sederhana, seperti kejadian keseharian yang dialami, seperti makan apa-dimana, telah bertemu siapa saja. Hal tersebut dapat meruncingkan fokus untuk lebih peduli pada detail-detail kecil yang mungkin selama ini terlewat, tercecer, seakan taken for granted saja.

Done list, baik cerita keseharian, pencapaian yang telah dilakukan, semoga dapat menjadi penyemangat untuk menjalani hari. Memang banyak to do list yang masih perlu ditempuh, namun sejumlah done list yang dilakukan tak bisa diabaikan serta dipandang remeh begitu saja.

Komen