Carian
Ciri Pada Suatu Karakter Cerita 
December 1, 2023 Arifin

Tertarik menulis cerita? Salah satu unsur yang perlu diperhatikan pada pembuatan cerita yakni sejauhmana membuat karakter yang kuat. Maka dapat diformulasikan baik itu ciri-ciri fisik, ciri-ciri sifat dari karakter.

Dengan menebalkan ciri-ciri itu, maka ceritamu dapat lekat serta diingat. Pertimbangkan pula untuk memberi makna pada ciri-ciri yang terlihat tersebut. Contohnya dari novel The Architecture of Love, terdapat karakter River Jusuf yang setiap hari selalu menggunakan sneakers coklat, beanie abu-abu gelap, dan kaus kaki berwarna hijau. Kaus kaki berwarna hijau tersebut ternyata memiliki relasi dengan masa lalu River.

Masih terkait benda yang melekat, terlihat, serta karakter; terdapat kain merah yang senantiasa terikat pada Ipin. Nyatanya kain merah tersebut merupakan celemek yang digunakan sejak Ipin masih kecil. Kain merah tersebut merupakan kenang-kenangan dari ibunya yang senantiasa memakaikan Ipin ketika memberinya makan dahulu. Seperti diketahui, orang tua Upin & Ipin telah meninggal dunia.

Ciri suatu karakter, serta sosok yang telah meninggal dunia, rumus tersebut juga diterapkan pada cerita Harry Potter. Harry Potter beserta ibunya memiliki kesamaan, yakni mempunyai mata berwarna hijau.

Ciri dari suatu karakter, juga dapat dilihat pada sosok lainnya seperti Dilan dengan jaketnya, mata sharingan pada Kakashi, Uchiha Sasuke, dan sebagainya. Kesemua ciri tersebut sejalur dengan formula penulisan kreatif yang diistilahkan  “pistol Chekov”.

Anton Chekov, penulis Rusia yang dikenal lewat karyanya seperti The Seagull dengan konsep tersebut menjelaskan .pentingnya setiap elemen yang muncul dalam cerita mesti digunakan seoptimal mungkin agar tak menjadi pajangan yang selintas-lewat.

“Jika di babak pertama Anda sudah menggantungkan pistol di dinding, maka pada babak berikutnya pistol itu harus ditembakkan. Kalau tidak dipakai, jangan letakkan di sana,” kata Chekov.

Pun begitu dengan ciri-ciri pada suatu karakter, yang seyogianya menjadi unsur dalam penceritaan yang terjelaskan.

Komen