Carian
Mengapa Penting Membaca Bersama Anak? 
December 11, 2023 Arifin

Orang tua perlu mengalokasikan waktu membaca bersama anak untuk perkembangan literasi awal serta menumbuhkan minat baca anak. Skill literasi awal, kemampuan literasi dasar berperan dalam inisiatif anak membaca secara mandiri.

Membiasakan kegiatan membaca bersama anak juga meningkatkan ikatan secara emosional yang penting pula dalam perkembangan sosial emosional anak. Perlu diketahui pula, membaca merupakan salah satu kegiatan kognitif yang meliputi proses penyerapan pengetahuan yang bisa mengembangkan sifat analisis dan evaluasi di kehidupan sosial.

Membaca tak hanya melihat bentuk, di situ ada bentuk yang memiliki arti, bunyi, pemahaman, serta ada analisa, jadi membaca berdampak pada kehidupan sosial.

Ada pun belajar membaca dapat dilakukan sedini mungkin saat anak belajar mendengar suara dan merespons apa yang ada di sekitarnya. Anak akan tertarik ketika orang tua membacakan cerita atau dongeng dengan intonasi yang menyenangkan serta gerakan tangan.

Pada usia 0-3 bulan, orang tua dapat membacakan buku cerita dengan intonasi suara yang menarik, menggerakkan jari-jari, membacakan buku dengan warna yang menarik serta kontras, karena usia tersebut anak akan melihat warna dengan jelas bila kontras, misalnya putih gambar-gambar cerah.

Usia sekitar 6 bulan, dapat dikenalkan dengan buku yang memiliki satu gambar besar per halamannya, dan sedikit tulisan. Orang tua dapat menceritakan apa yang ada di dalam satu halaman itu, yang bertujuan untuk menarik minat anak.

Memasuki usia 2-5 tahun, mulai bisa diajarkan cerita tentang moral, kehidupan, kebiasaan baik yang dapat dikenalkan melalui kegiatan membaca. Lalu usia 5-8 tahun, dapat membaca buku dengan 1.000 kata. Selanjutnya 8-12 tahun telah dapat sampai 50.000 sampai 75.000 kata dengan berbagai genre dan cerita yang lebih kompleks.

Sumber: Antara

Komen