Carian
Menguak Proses Penciptaan Karya Di “Work in Progress” 
December 11, 2023 Arifin

Bagaimana akhir pekan Anda? Menyenangkankah? Pada vakansi, selain segala yang terencana, hal sampiran juga dapat seru adanya. Seperti apa yang keluarga kami lakoni pada akhir pekan kemarin.

Beranjangsana ke Galeri Nasional dengan tujuan utama melihat Pameran Repatriasi. Usai dari Pameran Repatriasi, kami pun bergeser ke Pajang Karya yang masih berada di lingkup Galeri Nasional.

Pajang Karya bertajuk “Work in Progress” menghadirkan karya-karya spektakuler dari 11 seniman dari komunitas Sketsa Pulang Kerja. Mereka membawa pengunjung dalam perjalanan inspiratif, mengeksplorasi keajaiban di setiap tahap kreasi.

Pajang Karya “Work in Progress” dihelat 8 – 23 Desember 2023 pada pukul 10.00 – 19.00 di Bilik Komunitas GalNas. Untuk registrasi dapat dilakukan di tempat. Di samping itu terdapat sejumlah program publik lainnya yang juga dapat diikuti. Untuk informasi lebih mendetail terkait program publik ini sila pantau di akun Instagram-nya @galerinasional.

Pajang Karya “Work in Progress” bercerita mengenai rangkaian proses unik dan personal yang dijalani oleh setiap pengkarya dalam menciptakan sebuah karya. Setiap pengkarya memiliki cerita unik yang memengaruhi ide-ide, teknik, dan media yang digunakan dalam menciptakan sebuah karya seni.

“Work in Progress” berfungsi sebagai jendela yang memungkinkan pengunjung untuk memahami apa yang ada di balik layar, apa yang terjadi sebelum sebuah karya mencapai tahap akhir.

Di dalam “Work in Progress”, proses penciptaan dilambangkan sebagai konsep Threads dan Fragments. Setiap karya seni merupakan hasil dari serangkaian serpihan kecil proses, yang dilambangkan sebagai Fragments.

Threads, sebagai benang merah, mengikat dan menjelaskan hubungan antara serpihan yang terbentuk oleh ide-ide awal, sketsa awal, referensi, dan tahap-tahap dalam proses menciptakan sebuah karya seni. Hadirnya Threads sebagai simbolisme, menghubungkan dan mengungkapkan bagaimana setiap serpihan saling berinteraksi dan berkontribusi dalam mencapai hasil akhir yang harmonis.

“Work in Progress” mengajak pengunjung untuk menjelajahi perjalanan untuk setiap pengkarya menuju hasil akhir, mengungkapkan bahwa setiap serpihan adalah bagian tak terpisahkan dari kisah keseluruhan yang saling terhubung. Merayakan kompleksitas dan keragaman dari setiap karya seni dan prosesnya.

Di “Work in Progress” terkuak proses penciptaan karya para pengkarya. Hal yang menyadarkan bahwa untuk mencapai suatu karya, diperlukan tahapan demi tahapan. Seperti apa contoh kisah di balik karyanya? Artikel lainnya akan coba mengungkap kisahnya.

Komen