Carian
Tips Melakukan Pendakian Gunung 
December 13, 2023 Arifin

Tertarik melakukan pendakian gunung? Terdapat sejumlah tips untuk melakukan aktivitas pendakian gunung agar tetap aman.

Perlu diketahui, tantangan setiap mendaki gunung berbeda-beda. Bahkan, walaupun gunungnya sama, tetapi bila melakukan pendakian di waktu berbeda, maka rintangannya beda, misalkan naik gunung di musim panas dan musim hujan itu berbeda.

Pemilihan waktu dalam mendaki gunung sangat penting untuk diperhatikan agar persiapan yang dilakukan dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada. Pelajari pula tipikal dan kondisi gunung yang akan didaki, misalnya struktur tanah, cuaca, ketinggian, dan hal-hal penting lainnya.

Bila naik gunung, lalu kondisi hujan lebat, bisa membuat pakaian dan perlengkapan menjadi basah. Maka, penting untuk memilih waktu yang tepat saat mendaki gunung serta mempersiapkan kebutuhan saat melakukan pendakian.

Pendaki juga perlu siap menghadapi kondisi dan perubahan cuaca yang sangat mungkin terjadi saat berada di ketinggian, serta berhati-hati dengan kondisi jalan yang licin.

Tak kalah pentingnya melakukan persiapan fisik. Mendaki gunung ataupun berkegiatan di alam bebas merupakan kegiatan fisik yang berat.

Dengan persiapan fisik yang baik, pendaki bisa mengukur dan menikmati kegiatan pendakian dengan baik. Tanpa persiapan fisik yang memadai, pendaki berisiko dapat mengalami cedera dan tentunya dapat mengganggu kenyamanan diri sendiri maupun orang lain.

Pendaki juga perlu mempersiapkan diri dengan pengetahuan. Mengetahui peralatan apa saja yang harus dibawa kalau mendaki gunung, mempelajari dulu karakter gunung, cuacanya.

Keterampilan dasar beraktivitas di alam, seperti membaca navigasi, mendirikan tenda, mengemas barang, melakukan pertolongan pertama, hingga keterampilan memasak perlu dimiliki oleh seorang pendaki gunung. Dengan demikian, seorang pendaki dapat melakukan aktivitas pendakian dengan lebih baik.

Lalu bagaimana bila terjadi krisis bencana di atas gunung, seperti gunung meletus atau badai? Hal terbaik yang harus dilakukan pendaki adalah langsung turun menuju bawah gunung. Jangan menunggu di atas gunung dan segeralah turun ke bawah atau jauhi puncak gunung karena kondisi di atas jauh lebih berbahaya. Pelajari titik-titik evakuasinya, jika terjadi bencana ke mana harus berlari. Hal tersebut harus dilakukan dengan cepat.

Sumber: Antara

Komen