Carian
Menjadi Pendebat Yang Memikat 
December 13, 2023 Arifin

Perdebatan merupakan hal yang lumrah dan seyogianya dapat disikapi dengan santai. Tentunya untuk mencapai hal tersebut, dapat dibiasakan, dilatih, untuk menyikapi perbedaan pendapat, serta debat secara tenang.

Debat jika meminjam istilah politik, dapat diwarnai dengan konsensus dan konflik. Debat pun sesungguhnya merupakan seni dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.

Berbicara tentang debat, dari hal yang sehari-hari hingga tataran formal, perdebatan selalu terjadi. Lalu, adakah saran untuk mengarungi debat itu?

Debat didefinisikan sebagai pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Salah satu seni dalam debat adalah mendengarkan. Tak melulu bicara, bicara, bicara, serta mau menang sendiri pendapatnya.

Dengan mendengarkan, dapat diketahui pendapat, pandangan, dari lawan debat. Dengan menggunakan logika lawan debat, diksi mereka, bahkan hal tersebut dapat digunakan untuk mempertahankan pendapat kita.

Debat dapat semakin memikat dengan menggunakan gestur yang baik. Gunakan bahasa tubuh yang menyokong pendapat Anda. Dengan rona wajah yang sesuai dengan apa yang dikatakan, dapat pula menggunakan tangan sebagai simbolisasi penjelasan. Ya, ketika berdebat, tak sekadar kata yang keluar dari mulut, ada bahasa yang tersirat ataupun tersurat pula dari gestur.

Debat dapat memikat, dengan menggunakan diksi yang mudah diingat. Sederhanakan pendapatmu dengan menggunakan kata pendek, seperti misalnya singkatan tertentu, kata berima, menganalogikan dengan pengetahuan yang telah diketahui orang banyak. Dari sekian banyak, sekian panjang perdebatan, diksi yang mudah diingat tersebut dapat melekat, serta terus menjadi perenungan setelah debat.

Debat juga memiliki limit waktu. Lazimnya dalam tataran formal telah ada sejumlah aturan, batasan. Maka ketahui limit waktu yang ada, latihlah pada rentang waktu tersebut. Pun begitu ketika mengajukan pertanyaan, melakukan sanggahan, dalam tempo yang ditetapkan, sebisa mungkin menghadirkan kalimat yang tepat.

Komen