Carian
Waktu Dan Tempat Yang Tepat Untuk Berkarya 
December 13, 2023 Arifin

Adakah waktu dan tempat yang tepat untuk berkarya secara optimal? Hal tersebut lazimnya tergantung dari masing-masing individu. Ada yang misalnya hobi berkarya sesuai jam kerja pada umumnya, ada yang suka mengerjakan ketika malam dan hening, ataupun di pagi hari. Kesemuanya berpulang dari orang per orang.

Pun begitu dengan tempat untuk berkarya. Ada yang menyiapkan sudut tertentu di rumahnya untuk berkreasi, mulai dari meja kerja, pemandangan saat kerja, serta nuansa yang mengiringi karya kreatif. Masing-masing orang punya preferensi.

Namun, bagaimana kiranya jika seseorang “diharuskan” berkarya pada waktu dan tempat yang bukan merupakan preferensinya? Sesungguhnya hal itu bisa-bisa saja. Bahkan pada beberapa segi diperlukan.

Mengapa begitu? Beberapa faktor ini menurut hemat saya dapat menjadi jawaban, yakni tenggat, opsi yang lebih banyak, serta kreativitas yang sesungguhnya bisa dilakoni kapan dan dimana saja.

Memang, lazimnya waktu dan tempat tertentu dapat mengoptimalisasi karya seseorang, namun bila berjumpa dengan tenggat yang ternyata telah begitu dekat dan mepet, maka inovasi harus dilakukan. Itulah kiranya dengan memperbanyak waktu karya (termasuk di jam-jam yang biasanya rehat berkarya), serta menggunakan tempat yang beragam.

Hal tersebut juga akan menghadirkan kesadaran, bahwa sesungguhnya terdapat banyak opsi untuk berkarya. Termasuk perihal waktu dan tempat. Anda pun tak terbelenggu, harus dan hanya berkarya di waktu dan tempat tertentu.

Di samping itu, kreativitas, ide, eksekusi ide juga dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Sekurangnya dapat dilakukan “mencicil” mengerjakan sesuatu. Maka ketika waktu dan tempat yang biasa berkarya, tinggal melanjutkan saja ataupun menyempurnakan apa yang dikerjakan.

Komen