Carian
“Orang Biasa” Pun Dapat Membuat Konten 
December 19, 2023 Arifin

Apakah “orang biasa” dapat membuat konten yang menarik? Dengan berbagai opsi platform, maka setiap orang dapat lebih leluasa untuk membuat konten. Jangan terlampau rendah diri, minder, serta terpukau dengan konten-konten yang populer; karena setiap kita dapat pula menjadi pembuat konten.

Adakah tema yang diangkat harus wow, extraordinary? Ternyata beberapa hal yang “biasa” saja, kehidupan keseharian pun, dapat menjadi tema yang menyentuh banyak orang. Hal yang mungkin terlihat biasa saja bagi Anda, namun dapat luar biasa bagi orang lain.

Belajarlah untuk mengemas storytelling dalam konten, termasuk sejumlah teknik eksekusi yang sesuai dengan platform yang digunakan. Di samping itu, yang penting pula adalah memulainya. Dikarenakan bila tak kunjung memulainya, maka ada momentum belajar yang terlewat. Belajar mengenai storytelling, teknik eksekusi, dapat dilakukan sambil jalan. Ada banyak kesempatan untuk belajar dan belajar lagi dari konten yang telah dibuat.

Setelah memublikasi konten, bisa jadi ada perasaan deg-degan, serta sejumlah reaksi miring, negatif dari orang lain. Sepanjang konten yang Anda buat masih dalam pagar norma agama, norma sosial, maka teruslah untuk membuat konten. Reaksi semacam itu, toh kalau dipikir-pikir, tak hanya diterima oleh Anda yang sedang menapaki mencoba membuat konten. Bahkan mereka yang telah piawai, master pun, tak lepas dari suara-suara sumbang terkait kontennya.

Mari fokuskan membuat konten dari yang bisa serta dari yang dipunyai. Dengan begitu, rentang fokus akan lebih mengerucut, dibandingkan mengandaikan, entah itu perangkat tertentu, destinasi yang kudu ciamik, dan sebagainya. Buatlah dari sesuatu yang dapat Anda kendalikan, yakni yang Anda bisa dan punya.

Komen