Carian
Ragam Cara Mencegah Obesitas 
December 20, 2023 Arifin

Upaya untuk mencegah terkena obesitas dapat dimulai dari mengurangi kebiasaan ngemil dan membatasi makanan tinggi asupan gula, garam, dan lemak. Bila seseorang sering dan banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori dan processed food bisa meningkatkan obesitas. Maka disarankan saat makan, perbanyak sayur, buah, dan biji-bijian.

Bila seseorang sudah telanjur kegemukan hingga obesitas dan sudah memiliki riwayat gangguan kesehatan, maka disarankan segera berkonsultasi dengan dokter gizi untuk mendapatkan saran diet dan perawatan yang sesuai kondisi tubuh.

Selain soal asupan, tips lainnya dengan membakar kalori, yakni membatasi screen time atau penggunaan gawai, membiasakan aktivitas fisik dan kegiatan luar ruang. Kebiasaan ini baik ditanamkan sejak usia anak.

Jadikan olahraga sebagai gaya hidup. Setidaknya dijalankan 3 kali seminggu atau olahraga bersama keluarga pada Sabtu atau Minggu.

Lalu, cukupi pula kebutuhan istirahat dan tidur berkualitas untuk mencegah kenaikan berat badan, serta melakukan pemeriksaan kesehatan (medical checkup) setidaknya satu tahun sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan.

Obesitas sendiri merupakan kondisi tubuh yang memiliki tumpukan lemak berlebih akibat ketidakseimbangan antara asupan energi dengan energi yang digunakan dalam waktu yang lama.

Ada pun fenomena obesitas meningkat terjadi karena banyak faktor, termasuk riwayat keluarga. Lebih banyak karena faktor gaya hidup, yakni sedentary living (kurang bergerak), dan banyak mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula dan lemak.

Terkait pencegahan terjadinya obesitas, disarankan orang-orang menurunkan berat badan jika berat mulai berlebih dan menjaga berat badan jika sudah ideal.

Sumber: Antara

Komen