Carian
Yuk, Jaga Pola Makan Selama Liburan 
December 26, 2023 Arifin

Menerapkan pola makan sehat dengan menghindari makanan tinggi lemak jenuh, kolesterol, makanan olahan, makanan dengan kadar garam dan kadar gula tinggi, menjadi langkah yang dapat dilakukan agar terhindar dari gangguan kolesterol termasuk saat liburan Natal dan Tahun Baru saat ini.

Tetap aktif secara fisik juga bisa membantu mencegah dan mengelola gangguan kolesterol. Penting juga untuk menghindari alkohol dan menghentikan kebiasaan merokok.

Perlu diketahui, kadar kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyempitan arteri, penggumpalan darah di bagian-bagian tubuh tertentu, stroke, sampai serangan jantung.

Dengan faktor risiko tersebut, pola makan tidak sehat diyakini sebagai salah satu penyebab kadar kolesterol yang tinggi. Maka melakoni libur akhir tahun, ada baiknya Anda tetap sadar dalam memilih jenis makanan maupun minuman yang akan dikonsumsi. Waspadalah terhadap makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh dan gula karena dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Selain pola makan yang tidak sehat, ada beberapa faktor risiko lain yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami gangguan kolesterol, antara lain kurangnya aktivitas fisik, riwayat keluarga dengan gangguan kolesterol, faktor usia, dan kebiasaan merokok karena dapat mengurangi kadar HDL dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sebagai upaya pencegahan gangguan kolesterol, di samping pemilihan pola makan sehat, aktif secara fisik dan menghindari kebiasaan merokok, disarankan agar jangan ragu untuk melakukan skrining dan mengkonsultasikan kondisi dengan dokter spesialis penyakit dalam jika memiliki kadar kolesterol tinggi.

Sumber: Antara

Komen