Carian
Seberapa Penting Sih Membuat Resolusi? 
December 29, 2023 Arifin

Tahun yang baru akan datang. Kata ‘resolusi’ tentu akrab wira-wiri belakangan ini. Memang seberapa penting sih membuat resolusi? Membuat resolusi penting adanya sebagai komitmen untuk menjadi diri yang lebih baik di masa depan serta cara menerapkannya.

Manusia memiliki kesadaran diri yang digunakan untuk membuat pemikiran-pemikiran prediktif dalam hidup. Misalnya, manusia bekerja hari ini, tetapi mereka selalu memikirkan masa depan diri mereka, seperti keinginan untuk membeli atau mencapai sesuatu. Hal tersebut dapat dibilang sebagai resolusi karena adanya semacam komitmen untuk menjadi lebih baik atau perubahan.

Akhir tahun, serta tahun yang baru juga dapat dijadikan momen untuk merefleksi, mencatat capaian apa yang sudah dibuat dan perbaikan apa yang ingin dilakukan untuk ke depan.

Resolusi sebenarnya juga bisa dilakukan di momen lain dan tidak harus selalu di momen pergantian tahun. Bahkan, ada baiknya resolusi dilakukan setiap hari, meskipun melalui hal kecil.
Dari hal kecil, seperti ingin bangun tidur lebih pagi, atau tersenyum lebih banyak, niscaya perjalanan resolusi yang ingin dicapai juga lebih mudah untuk dilakukan. Di negara Jepang, dikenal istilah “kaizen” atau cara untuk memperbaiki diri dengan tindakan kecil secara bertahap, kemudian akan menjadi kebiasaan dan dapat mengarah pada kesuksesan.

Seseorang mungkin menemui kegagalan saat ingin mewujudkan resolusinya. Faktornya pun beragam, salah satunya kurang berkomitmen untuk melakukannya, meskipun dari hal kecil. Kuncinya adalah komitmen untuk mengubah perilaku-perilaku sederhana, atau kebiasaan kecil.
Bila langkah kecil tidak dilakukan, dia tidak bisa melakukan perubahan-perubahan kecil setiap harinya, itu yang kemudian menjadi gagal. Jadi, resolusi saja tidak cukup karena harus diikuti oleh kebiasaan kecil yang dilakukan secara konsisten.

Selain melakukan resolusi secara konsisten, kiat agar resolusi dapat diterapkan dengan baik yakni seseorang harus memiliki alasan yang kuat dari resolusi yang dibuatnya, sehingga orang tersebut akan memiliki aksi yang sama kuat untuk mewujudkannya.

Sumber: Antara

Komen