Carian
Berapa Hari Yang Dibutuhkan Untuk Menerapkan Kebiasaan Baru? 
January 3, 2024 Arifin

Awal tahun identik dengan azam, resolusi. Dimana pilar untuk mewujudkannya yakni dengan menerapkan kebiasaan baru yang baik. Timbul pertanyaan berapa hari yang dibutuhkan untuk menerapkan kebiasaan baru? Di samping itu terkadang kebiasaan baru yang positif perlahan kendur dan lama-kelamaan tak dilakukan.

Ramai orang menyangka diperlukan waktu hingga 21 hari untuk membentuk kebiasaan baru. Namun menurut studi yang dilakukan Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), tak semua orang memerlukan waktu hingga 21 hari untuk membentuk kebiasaan baru.
Meskipun secara umum diyakini bahwa dibutuhkan waktu tiga minggu (21 hari) untuk menciptakan sebuah kebiasaan, tetapi jangka waktunya mungkin berbeda karena bergantung pada berbagai faktor.

Berdasarkan studi PNAS, disimpulkan tidak ada jangka waktu yang universal untuk membangun kebiasaan. Berdasarkan penelitian tersebut, jangka waktu untuk membangun sebuah kebiasaan bergantung pada individu, jenis kebiasaan yang ingin mereka bentuk, dan lingkungan.

Dapat terjadi diperlukan waktu hingga 1 bulan untuk membentuk sebuah kebiasaan baru, tetapi hal ini memerlukan keterlibatan yang konsisten dalam perilaku tersebut sepanjang jangka waktu tersebut.

Sejumlah faktor berperan dalam membangun dan mempertahankan kebiasaan baru. Beberapa faktor kuncinya mencakup seberapa sulit perilaku atau kebiasaan baru tersebut dan seberapa besar manfaat dari kebiasaan tersebut.

Misalnya, untuk suatu kebiasaan lebih menantang, mungkin memerlukan tingkat motivasi dan konsistensi yang lebih tinggi. Apabila kebiasaan baru ini terlalu sulit, orang mungkin akan kesulitan untuk tetap berkomitmen seiring berjalannya waktu.

Selain itu, jika kebiasaan tersebut tidak dikaitkan dengan imbalan, akan sulit bagi seseorang untuk tetap termotivasi atau melakukan kebiasaan tersebut secara konsisten.

Di sisi lain, faktor lingkungan seperti dukungan sosial mungkin juga memengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan perilaku baru. Jika seseorang tidak memiliki sistem dukungan yang kuat dari teman dan keluarganya, hal ini dapat menghambat proses pembentukan kebiasaannya.

Motivasi pribadi juga merupakan faktor penting dalam membangun dan mempertahankan kebiasaan baru.

Sumber: Health, Antara

Komen