Carian
Berkarya Di Medium Apa Pun 
January 3, 2024 Arifin

Sebuah unggahan yang tiba-tiba mampir di beranda Instagram, perihal seorang anak yang suka membuat cerita. Cerita tersebut ditulis tangan oleh anak tersebut. Namun, gurunya mengatakan alangkah buruknya tulisan tangan si anak. Perkataan guru tersebut cukup mengempiskan kepercayaan diri si anak.

Orang tua mereka pun memperlihatkan sejumlah karya tulis tangan si anak. Di samping itu mereka membelikan mesin tik untuk si anak. Medium yang dapat digunakannya untuk berkarya. Selain itu karya-karya dari tulisan tangan si anak pun tetap disimpan dan diapresiasi oleh orang tuanya.

Dari kisah sederhana tersebut, menurut hemat saya dapat ditelaah mengenai berkarya di medium apa pun. Adakah Anda memiliki kilasan keterkaitan dengan kisah si anak di atas? Saya secara pribadi agak tersentuh, karena ada sisi kemiripan tertentu.

Saya sendiri pernah mengalami yang serupa dengan anak tersebut, menulis tangan untuk karya, serta menggunakan mesin tik. Mesin tik memang cuma selintas lewat saja, namun ada kenangan pula menggunakan medium tersebut.

Lalu menggunakan komputer dengan ukuran yang besar, barulah untuk kemudian menggunakan laptop. Ponsel pun seiring mobilitas serta kenyamanan digenggam, dapat digunakan untuk berkarya. Untuk ponsel, seperti mencatat ide atau sejumlah tulisan-tulisan dalam bentuk singkat.

Sejenak mengingat penggunaan komputer pun ada masanya menggunakan komputer bersama rekan satu kos. Dengan begini maka harus pandai-pandai mengatur waktu serta mengoptimalkan waktu ketika kesempatan mengetik itu tiba.

Lalu ada pula masa menggunakan komputer di warung internet. Hal tersebut guna mencari data secara digital ataupun ketika mengetik.

Lantas ketika era kini, adakah pola era lampau yang masih digunakan? Bagi saya, masih begitu asyik menggunakan tulisan tangan serta dicatat di buku. Hal tersebut guna mencatat hal menarik dari apa yang dibaca, lintasan ide, ataupun menulis puisi.

Mengingat sekelebat berbagai medium yang ada, yakni menulis tangan, menggunakan mesin tik, menggunakan komputer, laptop, serta ponsel, ternyata untuk perkara berkarya menulis saja telah begitu aneka medium yang digunakan. Pun begitu saya percaya sidang pembaca memiliki pengalaman personal yang menarik pula perihal berkarya di medium apa pun.

Komen