Carian
Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Guna Menangkal Flu
January 11, 2024 Arifin

Saat suhu turun dan musim flu masih berlangsung, pastikan Anda tetap sehat dengan menjaga pola makan bergizi. Pola makan sehat harus menjadi fokus sepanjang tahun. Disarankan untuk memasukkan makanan yang meningkatkan kekebalan tubuh, makanan yang kaya vitamin C, asam lemak omega-3 dan protein tanpa lemak.

Untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, sangat penting untuk fokus pada makanan yang mengandung vitamin C (buah jeruk dan jus, brokoli, kentang panggang, paprika, tomat, stroberi), vitamin A (ubi jalar, wortel, sayuran hijau), vitamin E (almond), asam lemak omega-3 (ikan berlemak) dan bawang putih, jahe, kunyit. Anda juga dapat menambahkan yogurt untuk membantu mendukung kesehatan usus.

Makanan yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat adalah makanan yang memiliki sifat antibakteri seperti bawang putih dan jahe, makanan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti buah-buahan dan sayuran berwarna-warni dengan penekanan pada vitamin C yang tinggi seperti buah jeruk.

Untuk makanan laut menyediakan asam lemak omega-3, penting untuk kesehatan kekebalan tubuh, dan sumber penting protein tanpa lemak. Protein adalah kunci dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Pertimbangkan pula untuk menambahkan sup hangat yang kaya akan sayuran kaya antioksidan dan protein tanpa lemak ke dalam makanan Anda. Selain itu, sertakan teh herbal dengan khasiat yang mendukung kekebalan tubuh seperti elderberry, echinacea, kunyit, pepermin, dan kamomil.

Lalu, yang sama pentingnya adalah memikirkan untuk memiliki kebiasaan yang lebih sehat secara umum, seperti cukup tidur dan mencuci tangan secara teratur. Ketika seseorang sakit, banyak istirahat dan tidur sama pentingnya dengan vitamin dan suplemen yang menunjang kekebalan tubuh.

Walau pengobatan flu membutuhkan lebih dari sekadar pil, termasuk mengonsumsi cairan hangat, banyak istirahat, dan tidur malam yang nyenyak, ada beberapa suplemen yang mungkin dapat membantu mengurangi keparahan atau durasi pilek seperti vitamin C dan seng.

Sumber: Medical Daily, Antara

Komen