Carian
Mengupayakan Fokus Dengan Saksama 
January 11, 2024 Arifin

Pernah mendengar “The Red Car Theory”? Sebuah metafora yang menuturkan bahwa sesungguhnya peluang itu berlimpah, namun diri kadang tidak memperhatikannya ataupun terbuka terhadap peluang tersebut. Bila boleh digarisbawahi, salah satu yang menarik dari teori tersebut yakni fokus.

Seperti mobil berwarna merah yang melintas wira-wiri di jalan, bila diri dapat lebih berfokus, maka jumlah mobil merah tersebut dapat terhitung. Perihal fokus, tak hanya pada peluang yang sesungguhnya berlimpah, hal tersebut juga dapat berkelindan dengan hal lainnya.

Fokus dapat terkait dengan waktu, efisiensi. Maka simaklah dalam harian Anda, telah cukup fokuskah? Bila merasa wah terlalu banyak hal yang dikerjakan, sementara waktu begitu terbatas, maka coba kenali Eisenhower Matrix. Terdapat 4 kuadran pada matriks tersebut yakni:

  1. Penting dan Mendesak, Do
  2. Penting dan tidak mendesak, Plan
  3. Tidak penting dan Mendesak, Delegate
  4. Tidak Penting dan Tidak Mendesak, Eliminate

Dengan berpegang pada aneka kuadran tersebut, maka sesungguhnya seseorang dapat membatasi fokusnya. Ada yang dapat direncanakan, didelegasikan, serta dieliminasi. Masih terkait fokus, untuk menghadirkan kesadaran penuh (mindfulness), seeorang dapat memberi tenggat dalam pengerjaan. Di samping itu dapat pula dengan mengombinasikan kerja dengan istirahat seperti pada konsep Pomodoro. Kenali bahwa fokus manusia terbatas, baik secara waktu, serta daya, maka pintar-pintarlah menyiasatinya.

Mengupayakan fokus dengan saksama juga dapat terkait dengan efisiensi serta single tasking. Upayakan dalam ceruk waktu yang ada untuk single tasking, serta meminimalisir distraksi. Anda dapat “membujuk” diri, bila satu task ini telah selesai, maka dapat mendengarkan beberapa menit dari podcast favorit, bermain media sosial, dan sebagainya.

Mengupayakan fokus dengan saksama, sama seperti keahlian lainnya yang perlu dilatih dan dilatih. Wajar bila ada beberapa waktu kehilangan fokus. Yang perlu diingat, adalah berusaha secara terus-menerus untuk memfokuskan diri pada rentang waktu yang ada.

Komen