Carian
Jenjang Umur: Dari Tontonan Hingga Olahraga 
January 15, 2024 Arifin

Menjadi orang tua memiliki kerumitan tersendiri. Di antaranya terkait tontonan. Harus benar-benar memilah dan memilih betul apa yang laik ditonton oleh anak. Apa pasal? Dikarenakan tontonan dapat menjadi tuntunan bagi anak.

Mari mengambil contoh pada film yang ditonton anak, telahkah aman kontennya sesuai dengan umur mereka? Maka perhatikan betul rating usia pada film. Hal tersebut menjadi panduan sekaligus saringan mengenai kelayakan film untuk ditonton.

Anak dapat terpengaruh secara pikiran dan tindakan dari apa yang dilihat dan didengar. Maka pilihlah yang sekiranya membawa pengaruh positif bagi tumbuh kembang ananda.

Seperti dilansir Hello Sehat, anak belajar dengan cara meniru. Ambil contoh, bila ia melihat adegan perkelahian dari film yang ditontonnya, kemungkinan ia akan mengikuti hal tersebut. Terlebih perkembangan otak anak belum sempurna, sehingga anak masih belum paham mana hal yang baik dan buruk.

Perihal jenjang umur, bagi orang tua tak hanya pada tontonan. Mungkin ayah-bunda tertarik untuk mengikutsertakan anak untuk berkompetisi olahraga. Maka kenali pada rentang usia berapa anak sebaiknya mengikuti kompetisi, baik yang sifatnya individual ataupun berkelompok.

Olahraga dan kompetisi, terdengar menarik, namun perlu diwanti-wanti bagi orang tua. Termasuk perihal latihan yang dilakukan, adakah sesuai dengan jenjang umurnya, atau dikarenakan ada kejuaraan, kompetisi, maka terlalu memforsir latihan?

Orang tua perlu untuk mengetahui kemungkinan cedera pada anak. Perhitungkan juga trauma cedera pada anak. Di samping itu ada faktor psikologis dan mental pula, di usia masih anak-anak, komunikasi perlu disertakan, adakah anak tertekan dengan keharusan untuk menang misalnya? Adakah anak lelah dengan intensitas latihan?

Di samping itu orang tua juga dapat berkomunikasi, berdiskusi dengan pelatih mengenai gerak-gerak olahraga yang sesuai dengan jenjang umurnya. Dengan begitu anak dapat tumbuh kembang secara baik secara postur, kebugaran. 

Komen