Carian
Memang Sedahsyat Itu Faedah Berjalan Kaki? 
January 16, 2024 Arifin

Ada banyak pilihan olahraga yang dapat dilakukan. Salah satu yang paling simpel dan murah yakni dengan melakukan jalan kaki.

Seperti dilansir Kementerian Kesehatan RI, terdapat sejumlah manfaat berjalan kaki secara rutin:

  • Baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol
  • Mencegah diabetes tipe 2
  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengurangi stress
  • Mencegah osteoporosis

Berjalan kaki juga dapat menghasilkan reaksi psikologis yang membuat Anda merasa lebih nyaman dan membuat mood Anda lebih baik. Berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang. Berjalan kaki juga membuat tulang kuat, membantu meningkatkan kualitas tidur .

Jalan kaki juga bersifat fleksibel, yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Seseorang dapat menjadikan jalan kaki sebagai kebiasaan harian, misalnya dengan menjaga jarak tertentu dari segala kemudahan transportasi, serta godaan Sedentary Lifestyle. Contohnya, alih-alih berkendara ke toko kelontong terdekat, Anda dapat berjalan kaki.

Jalan kaki juga dapat menjadi cara untuk melakukan kontemplasi, refleksi diri. Bersama derap langkah kaki, seseorang dapat mengurai kekusutan di pikirannya, berbincang dengan diri sendiri, serta menata logika dan perasaan.

Berjalan kaki membawa diri untuk melihat sekitar, terhubung dengan diri sendiri, serta melambat. Bagaimana proses yang dialami sepanjang jalan kaki, memiliki makna yang suportif untuk kesehatan jiwa dan raga.

Dengan berjalan kaki, seseorang dapat terhubung dengan lingkungan sosial, melihat manusia-manusia dengan segala dinamikanya. Pun begitu dapat menjadi relaksasi ataupun menstimulasi indra. Seperti misalnya bila berjalan kaki di taman, maka indra pendengaran, penglihatan; distimulasi dengan mendengar suara burung, gesekan antar ranting pohon, melihat warna tanaman yang cerah.

Komen