Carian
Menikmati Literasi Dengan Buku Audio 
January 17, 2024 Arifin

Banyak jalan menuju Roma. Pun begitu dengan ragam cara dalam melakoni literasi. Tak hanya sekadar membaca, melainkan bisa dengan sembari mendengar. Maka buku audio dapat menjadi pilihan. Kata demi kata pada buku akan dibacakan bila menggunakan buku audio.

Buku audio di antaranya dapat dimanfaatkan ketika sedang dalam perjalanan yang tak memungkinkan Anda membaca. Ketika katakanlah sedang memegang kemudi, ataupun berdesakan di transportasi publik, buku audio dapat menjadi cara untuk menikmati literasi.

Buku audio pun dapat menjadi cara bagi seseorang yang berusaha untuk melakukan kebiasaan baru, seperti misalnya berolahraga. Katakanlah untuk memulai lari secara rutin, dapat “mengawinkannya” dengan kegiatan yang disukai yakni literasi. Maka sambil lari, sembari mendengarkan buku audio.

Buku audio juga menghadirkan pengalaman indrawi lainnya dalam berliterasi. Kali ini ikut melibatkan indra pendengaran. Hal yang sesungguhnya memantik, bahwa aneka indra pada diri seseorang dapat distimulasi untuk menyerap pengetahuan.

Menikmati buku dengan menggunakan wahana audio juga bisa ditempuh melalui Blinkist. Blinkist merupakan layanan berlangganan (subscription service) ringkasan buku berbasis di Jerman yang didirikan pada 2012. Layanan ini menyediakan ringkasan lebih dari 5.000 buku nonfiksi berbagai genre dalam bentuk teks dan audio bahasa Inggris. Tiap buku diringkas menjadi berapa ide utama yang disebut blink (kedip) yang audionya berdurasi 15–30 menit.

Ringkasan serta hal menarik pada buku juga dapat ditemui pada sejumlah reviewer buku yang ada di YouTube. Biasanya para reviewer mengulas tentang siapa penulisnya, meringkas secara singkat mengenai isi buku, poin-poin tertentu yang menarik bagi mereka, serta penilaian terhadap buku tersebut. 

Komen