Carian
Tunjukkan Karyamu Pada Dunia
January 18, 2024 Arifin

Zaman sekarang memberikan kesempatan, untuk saling terhubung, termasuk menunjukkan kebecusan, kebisaan, karya kita kepada khalayak warga dunia. Istilah ‘work from anywhere’ – hendaknya dimaknai sebagai kesempatan untuk berkarya dimana, kapan saja, sertamemperlihatkan/mengeluarkan karya kita.

Dengan memperlihatkan karya, maka seseorang dapat membagikan idenya. Seseorang pun dapat membuat “percakapan”, pernyataan mengenai dirinya. Seperti kalimat berikut, “You can’t find your voice if you don’t use it”. Untuk menemukan “suara diri” maka perlu digunakan berkali-kali, ditunjukkan lagi dan lagi.

Dengan menunjukkan karyamu pada dunia, maka orang-orang dapat mengidentifikasi siapa Anda. Anda pun seiring waktu dapat terhubung dengan kesempatan yang terkait dengan karya tersebut.

Merasa karya Anda tak layak? Nanti dulu, karya dapat menemui penggemarnya tersendiri. Mereka yang ikut beresonansi dengan apa yang Anda alami. Maka dengan memperlihatkan/mengeluarkan karya merupakan kesempatan untuk terhubung dengan orang lainnya.

Lalu, ketika memperlihatkan/mengeluarkan karya, maka bersiaplah menuai ragam reaksi. Percayalah apa pun di dunia ini akan ditanggapi beragam. Amat mungkin ada pro-kontra, mendukung ataupun meremehkan. Namun, ingatlah melakukan sesuatu, lebih berharga dibandingkan tidak melakukan sesuatu.

Komen