Carian
Menyelami Makna Peribahasa ‘Tak Ada Rotan, Akar Pun Jadi’ 
January 24, 2024 Arifin

Anda tentu telah mengenal peribahasa “Tak ada rotan, akar pun jadi”. Rupanya makna dari peribahasa tersebut dapat digunakan dalam berbagai konteks. Perihal mencari alternatif lain yang serupa. 

Dalam konteks keseharian, hal itu dapat terjadi di dapur Anda. Kala keadaan di dapur yang ternyata tidak mempunyai rempah yang diperlukan dalam resep. Maka sesungguhnya Anda dapat mengganti rempah yang tak ada tersebut. Caranya dengan mengenal pasti ciri unik dan profil rasa untuk masing-masing rempah.

Contoh terkait alternatif, juga bisa dengan warna yang tidak dimiliki. Bila seseorang ingin melukis, serta tak memiliki warna oranye dan ungu, apakah masalah? Nyatanya bila memiliki warna primer dan mengetahui komposisinya, solusi akan ditemukan. Untuk warna oranye, dengan menggabungkan warna merah dan kuning. Untuk warna ungu, dengan menggabungkan warna merah dan biru.

Perihal alternatif lain yang serupa, bisa pula Anda temui terkait makanan ataupun minuman tertentu. Masing-masing orang memiliki tingkatan selera, serta disesuaikan dengan keadaan. Katakanlah untuk mengonsumsi kopi, terbiasa dengan jenama A. Namun, sesungguhnya bila meminum jenama B pun tak masalah-masalah amat. Hal yang untuk kemudian dapat berkelindan dengan konsep latte factor yakni pengeluaran kecil yang sifatnya rutin sehingga berdampak besar pada keuangan pribadi, walau pengeluaran tersebut sifatnya tidak terlalu penting bahkan bisa ditiadakan.

Dalam kasus lainnya, mencari alternatif lain yang serupa, menunjukkan sesungguhnya ada banyak jalan menuju suatu tujuan. Tentu setiap jalan memiliki ragam konsekuensi. Seperti ambil contoh, bila Anda ingin ke daerah Bundaran HI, maka dapat ditempuh dengan berbagai moda – entah itu mobil, motor, MRT, Transjakarta, kereta api, dan sebagainya.

Dengan mengetahui banyak jalan menuju suatu tujuan, bila dikaitkan dengan konsep hidup, bila salah satu jalan tertutup, maka Anda dapat mencari alternatif jalan lainnya. Hal ini memang terlihat simpel secara teori, namun dalam praktik, memerlukan pembiasaan, adaptasi.

Komen