Carian
Menjadikan Tenggat Sebagai Sahabat Berkarya
February 2, 2024 Arifin

Dalam kehidupan, kita senantiasa bersua dengan tenggat. Semenjak di bangku sekolah dahulu, tenggat diberikan, pada waktu tes, ataupun mengumpulkan pekerjaan rumah. Sejenak mengenang masa itu, arti tenggat dibutuhkan, untuk mengoptimalisasi dari waktu yang ada.

Ketika ujian di masa sekolah dulu, mengenal tes dapat menjadi cara agar mampu optimal dengan tenggat yang diberikan. Mengetahui jenis soalnya apa saja, berapa banyak jumlah soalnya, tingkat kesulitan, dan sebagainya. Dengan begitu dapat ditakar untuk mengerjakan sebaik-baiknya di waktu yang tersedia.

Tenggat yang ada juga sesungguhnya upaya kita untuk berdamai dengan kesempurnaan. Bukankah di masa sekolah, bila tenggatnya telah habis, maka harus dikumpulkan? Adakah ketika itu perasaan, sepertinya masih kurang disini, kurang disana, apa sudah betul, dan sebagainya? Hal semacam itu dapat berlanjut episodenya pada kehidupan setelah sekolah. Maka sesungguhnya sejak dini, diri telah dilatih untuk berdamai dengan waktu, serta ketidaksempurnaan.

Perihal tenggat serta berdamai dengan ketidaksempurnaan, dapat diambil sampel misalnya pada menulis. Seseorang dapat memberikan tenggat, untuk merampungkan 1 tulisan selama 1,5 jam. Dengan begitu, maka manfaatkan 90 menit yang ada, dalam melakukan riset, mengetik, serta mengedit.

Membiasakan diri dengan tenggat juga sesungguhnya membantu diri untuk fokus serta piawai mengatur waktu. Seperti contoh di atas, maka seseorang dapat berfokus pada 90 menit yang ada. Berlatih fokus ini bukan perkara mudah. Dikarenakan terdapat opportunity cost, serta aneka distraksi.

Tenggat serta mengatur waktu, hal tersebut dapat berguna dalam aneka cabang hidup. Bila telah membiasakan diri memberi tenggat pada diri, maka dapat mengikis hal-hal yang sekiranya kurang berfaedah. Menggunakan waktu untuk merampungkan aneka tenggat. Tentu di samping itu tetap perhatikan hak diri untuk beristirahat, kesehatan, ataupun berolahraga. Dengan pemahaman yang tepat, maka sesungguhnya tenggat dapat menjadi sahabat untuk mengoptimalisasi kemampuan diri.

Komen