Arifin Diterbitkan 6 February 2024

Menulis Dimana Saja, Kapan Saja 

Adakah hambatan yang dapat membendung seseorang untuk tidak menulis dimana saja, kapan saja? Bila ditelaah, ditelusuri lebih jauh, bisa jadi lebih karena alasan personal saja, ataupun alasan yang dirasionalkan oleh diri sendiri.

Sesungguhnya seseorang memiliki opsi untuk menulis dimana saja, kapan saja. Bagi seseorang yang tertarik untuk mengasah keterampilan menulisnya, maka menulis dimana saja, kapan saja, perlu diupayakan dengan sungguh.

Mengapa perlu menulis dimana saja, kapan saja? Dikarenakan ide dapat datang tak kenal waktu. Ketika memiliki kebiasaan menulis dimana saja, kapan saja, maka seseorang dapat mengejawantahkan ide tersebut menjadi tulisan. Apakah harus langsung menjadi tulisan utuh? Menurut hemat saya, paling tidak ada bagian dari tulisan yang dikerjakan, sekurang-kurangnya ide-ide yang melintas, serta poin-poin yang ingin dibahas.

Maka dengan menulis dimana saja, kapan saja – diperlukan perangkat. Dari yang terlihat “sederhana”, seperti pena dan buku catatan, ataupun perangkat elektronik. Manakala lintasan ide itu datang, maka tangkaplah ide tersebut.

Tak sekadar lintasan ide, observasi pun dapat dilakukan. Dengan begitu ada peran lebih aktif dari diri untuk mencoba menghadirkan ide, merenungkannya. Catatan tersebut bak menampung pemikiran. Maka tulis saja, ibaratnya menebar benih, serta tidak perlu dihakimi perihal bagus atau tidaknya ide serta observasi yang dilakukan. Mengapa demikian? Dikarenakan dari pengalaman saya, ide yang terlihat kurang, namun dicatat, bisa jadi di termin waktu kemudian menjadi dirasa menarik, seru. Maka catat saja, ide, observasi itu.

Dengan memiliki catatan, maka suatu waktu dapat kembali berkunjung, sebagai memory trigger, yang sekiranya akan mampu dikenali oleh diri sebagai pemikiran di saat itu.

Kembali ke perihal menulis dimana saja, kapan saja; hal tersebut  dapat terkait dengan tenggat, waktu. Dengan memiliki kemampuan menulis dimana saja, kapan saja, maka seseorang dapat lebih fleksibel untuk merampungkan tulisan sesuai tenggat, serta menggunakan waktu yang tersisa.