Arifin Diterbitkan 7 February 2024

Terus-Menerus Berbicara Hal Baik Pada Diri Sendiri

Sudahkah Anda berbicara hal-hal positif ke diri sendiri? Terkadang, seseorang memerlukan validasi, mengejar validasi orang lain, terkait hal positif pada dirinya. Padahal kiranya, diri sendiri sesungguhnya memiliki kendali, otonomi. Maka, cobalah untuk berbicara hal-hal baik pada diri sendiri.

Lirik lagu “Diri” yang dibawakan oleh Tulus, menurut hemat saya sejalur dengan semangat berbicara hal-hal baik pada diri sendiri:

Hari ini

Ajak lagi dirimu bicara mesra

Berjujurlah
Pada dirimu, kau bisa percaya

Bisikkanlah
Terima kasih pada diri sendiri

Hebat dia

Terus menjagamu dan sayangimu

Berbicara hal-hal baik kepada diri sendiri bak repetitive magic power. Ada kalimat berulang yang diujarkan. Maka upayakan hal tersebut secara terus-menerus. Berdayakan, hargai diri sendiri, melalui kata-kata. Ada sebuah riset menarik. Yang bila digunakan pada arah positif dapat membantu pengembangan diri. Berdasarkan penelitian dari Brandeis University menunjukkan bahwa ketika berbohong, otak akan bekerja menciptakan memori tentang kebohongan tersebut. Ketika suatu kebohongan diucapkan secara berulang, otak akan menganggap hal tersebut benar-benar terjadi. Dari penelitian tersebut, hendaknya diaplikasikan ke arah yang tepat. Mirip dengan konsep repetitive magic power, maka asuplah diri dengan kata-kata baik, syukur. Mari bertumbuh dengan hal-hal kebaikan dan syukur.