Arifin Diterbitkan 9 February 2024

Perhatikan Asupan Gula Saat Perayaan Imlek 

Tiap kali perayaan, perlu kiranya untuk mewanti-wanti terkait kesehatan. Dikarenakan lazimnya perayaan, ada kemungkinan menyantap dalam jumlah banyak, serta dengan konten yang perlu diperhatikan bagi kesehatan.

Seperti halnya dengan Tahun Baru Imlek Naga Kayu yang siap menjelang, maka perlu untuk menjaga asupan gula dan mengatur porsi makan sebagai cara untuk tetap sehat. Kurangi porsi makan atau lakukan diet sebelum Imlek, minumlah air putih sebelum makan agar terasa kenyang sehingga keinginan makan banyak berkurang.

Hidangan saat perayaan Imlek kerap meningkatkan selera makan, mulai dari cara penyajian menarik, cita rasa yang membuat ingin menambah porsi, aroma yang wangi sampai rasa yang menggugah selera makan.

Maka perlu kiranya bagi seseorang untuk mengelola porsi supaya tidak kalap. Ketika sarapan dapat dengan buah, seperti pisang agar terasa kenyang sebelum pesta makan siang. Hindari juga minuman bersoda, alkohol dan minuman yang mengandung pemanis buatan.

Perayaan Imlek juga identik dengan makanan manis seperti kue keranjang, kue mangkok, dan kue lapis legit. Seseorang dapat mengonsumsi makanan manis saat Imlek selama tidak berlebihan.

Sedangkan bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit diabetes dan kolesterol, disarankan untuk membatasi makanan manis. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dapat meningkatkan risiko penyakit seperti serangan jantung, asam urat, dan obesitas.

Agar tetap sehat dan bugar saat perayaan Imlek, disarankan agar tetap aktif bergerak. Terlalu lama duduk dapat membuat tubuh menjadi malas dan mengganggu postur tubuh.

Sumber: Antara