Carian
Menjalin Komunikasi ‘Berisi’ Dengan Anak 
February 19, 2024 Arifin

Bagaimana menjalin relasi, interaksi, kedekatan dengan anak? Salah satu caranya melalui komunikasi. Membersamai anak dapat dilakukan dengan berkomunikasi sepenuh hati, sepenuh pikiran.

Maka perhatikan cara menjalin komunikasi dengan anak. Berbicaralah dengan menyamakan posisi tubuh dan menatap mata anak. Hal ini merupakan teladan melalui cara, mengenai bagaimana selaiknya berkomunikasi. Di samping itu, anak pun mendapatkan kenyamanan untuk terlibat dalam percakapan, mengungkapkan perasaan dan pikirannya.

Orang tua juga dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan apa yang ada dalam pikirannya secara utuh. Tak perlu untuk memotong ketika ananda bicara. Tak usah memotong ketika anak bicara, karena merasa lebih tahu, telah dapat menebak ke arah mana maksud anak. Dengan memberikan kesempatan pada anak untuk mencurahkan pikirannya secara utuh, maka ada rasa aman, nyaman, untuk mengutarakan apa yang dirasakan serta apa yang dipikirkan.

Orang tua juga dapat berperan aktif dengan mengajukan pertanyaan terkait apa yang anak alami atau sukai. Contohnya bisa dengan menanyakan hal-hal yang terjadi di sekolah apa saja. Contoh lainnya bisa dengan menanyakan pada hari ini hal apa yang paling menyenangkan menurut anak.

Orang tua juga dapat menghargai pendapat anak, misalnya dengan bertanya kepada buah hati mau main apa dengan ibu dan ayah. Lalu ketika anak telah memilih mau bermain apa, bermainlah bersama anak secara fokus, serta tanpa distraksi. Sembari bermain, percakapan pun dapat dijalin.

Momentum tertentu juga dapat menjadi pintu masuk percakapan. Seperti ketika menjelang tidur, menanyakan kepada anak apa yang disyukuri pada hari ini. Orang tua juga dapat menceritakan perihal apa yang disyukurinya pada hari ini.

Komen