Carian
Menuai Inspirasi Dari Anak Kecil 
February 21, 2024 Arifin

Bersama anak kecil, sesungguhnya kita-kita yang lebih dewasa ini dapat mereguk banyak inspirasi. Sebut saja rasa ingin tahu, bertanya, bermain. Rasa ingin tahu, alaminya anak kecil seperti itu. Maka anak-anak mencoba memuaskan rasa ingin tahunya dengan menggunakan panca indra.

Lalu, apa kabar bagi diri kita yang telah lebih dewasa ini? Apakah masih berkobar-kobar dengan rasa ingin tahu? Memang benar kiranya sejumlah ilmu, pengalaman, telah dimiliki seiring pengasahan kompetensi serta menimba ilmu, namun, tetap saja sesungguhnya dunia ini merupakan arena yang begitu luas dan tetap menarik untuk ditelusuri dan dicari tahu. Dengan rasa ingin tahu, sesungguhnya terdapat growth mindset, sejumlah eksperimen, serta keberanian untuk mencoba serta gagal.

Dari anak kecil, inspirasi lainnya yang dapat didapatkan yakni daya bertanya yang dimiliki. Hal tersebut merupakan fungsi turunan dari rasa ingin tahu. Maka segala hal dipertanyakan. Dari pengalaman saya sebagai orang tua, memang sejumlah pertanyaan dari anak, membuat kelimpungan juga untuk menjawabnya. Orang tua pun jadinya belajar lagi tentang sejumlah konsep mendasar, mengapa begini-mengapa begitu. Di samping itu dapat pula untuk merasakan semangat bertanya, bahwa segala sesuatu boleh-boleh saja kok dipertanyakan. “Rasa lapar untuk bertanya” ini mungkin dapat menumpul karena kesibukan keseharian, serta menumpul karena praktis tak diasah lagi dalam waktu-waktu keseharian.

Dari anak kecil, yang dewasa pun dapat belajar untuk bermain. Lalu teringatlah bukankah hidup ini adalah permainan dan senda gurau? Dikarenakan kesibukan, rutinitas, tekanan tuntutan, orang-orang dewasa dapat lupa untuk bermain, abai dengan me time. Maka, yuk alokasikan waktu, sempat-sempatkan pula untuk bermain. Hal tersebut diperlukan dan dibutuhkan oleh diri.

Komen