Telah beberapa bulan lamanya saya mengantar anak ke klub atletik. Dalam seminggu terdapat dua kali, anak saya berolahraga di gelanggang olahraga. Ternyata dari “sekadar mengantar” anak, dapat menjadi terpapar pula mengenai olahraga. Dari pengamatan, mereka-mereka yang berolahraga (ada kaitannya antara postur dengan kerap berolahraga), sesekali mencuri dengar obrolan terkait olahraga, dan sebagainya.

Manusia sebagai individu, tak sekadar satu orang, melainkan dapat terpengaruh oleh lingkungannya. Seperti terpapar dari apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dari lingkungannya. Intensitas paparan tersebut dapat turut membawa, membentuk diri.

Maka perhatikanlah lingkungan yang melingkupi Anda. Adakah konstruktif untuk kebaikan jiwa dan raga Anda? Peran lingkungan, dapat memotivasi, mengingatkan. Seperti misalnya berolahraga, manakala telah terbiasa berada di lingkup yang gemar olahraga, suka bergerak, seseorang dapat turut larut serta ikut untuk olah raga pula.

Dalam konteks pikiran yang turut membentuk perilaku, perhatikan pula lingkungan Anda. Dalam media berita, ruang gema (echo chamber) merupakan sebuah deskripsi kiasan dari sebuah keadaan dimana keyakinan diyakini atau disebarkan oleh komunitas dan diulang-ulang dalam sebuah sistem tertutup. Dengan mengunjungi sebuah “echo chamber“, orang-orang dapat menyaksikan informasi yang menegakkan pandangan mereka, serta berpotensi menjadi bias konfirmasi. Hal ini dapat meningkatkan polarisasi dan ekstrimisme sosial dan politik.

Untuk menangkal, melakukan mitigasi terhadap echo chamber, maka seseorang dapat menerapkan berpikir kritis, melakukan konfirmasi, serta berdialog dengan seseorang yang berada di luar kubunya.

Lingkungan memang dapat berpengaruh sedemikian rupa, maka cobalah untuk berada di lingkup lingkungan yang menyehatkan jiwa dan raga. Ibaratnya asupan, maka konten, perilaku, yang repetisi dilakukan berhubungan dengan kebaikan jiwa serta raga. Lingkungan yang baik, dapat saling berlomba-lomba mengerjakan kebaikan. Lingkungan yang baik juga mewartakan kabar gembira serta memberikan peringatan bila ada hal yang tak berkenan.