Carian
Persiapkan Puasamu Dengan Sejumlah Info Berikut 
March 8, 2024 Arifin

Bulan Ramadan telah hitungan hari menjelang. Berpuasa bermanfaat bagi tubuh, bahkan pada seorang penderita penyakit sekalipun. Puasa menyehatkan badan. Bagi yang sehat makin tambah sehat dengan berpuasa, sedangkan untuk yang punya komorbid juga harus yakin puasa itu menyehatkan badan.

Salah satu manfaat puasa di antaranya untuk menstabilkan kadar tekanan darah, gula darah, kolesterol, hingga sebagai anti oksidan dan anti peradangan.

Meski begitu, terdapat beberapa kelompok yang perlu memerhatikan kondisi kesehatannya sebelum melakukan puasa, khususnya di bulan suci Ramadan di mana aktivitas puasa dilakukan selama satu bulan penuh.

Seorang penderita penyakit, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter atau pada fasilitas kesehatan terdekat guna mengetahui kondisi kesehatannya. Dokter akan memberikan rekomendasi apakah pasien tetap harus melanjutkan minum obat, demikian juga terkait pemberian dosis dan waktu mengonsumsinya.

Hal tersebut penting, dikarenakan kegiatan puasa mengubah metabolisme tubuh seseorang karena perubahan waktu makan, minum, serta istirahat. 

Penderita penyakit, termasuk bagi ibu hamil dan ibu menyusui disarankan konsultasi terlebih dahulu. Mereka butuh supervisi, kebutuhan nutrisi bagi janin juga harus dipenuhi.

Untuk waktu sahur disarankan sesuai dengan waktu yang ditentukan agar puasa dapat berjalan lancar hingga waktu berbuka.

Memang tak jarang masyarakat melakukan sahur pada dini hari karena ingin beristirahat dan bekerja esok hari. Hal tersebut menyebabkan waktu puasa dijalani lebih lama ketimbang waktu sahur sebelum ibadah salat subuh.

Kalau sahur jam 12 malam artinya waktu puasanya lebih dari 16 jam. Itu dapat lemas di siang hari karena puasa melebihi waktu seharusnya sekitar 14 jam.

Pada saat berbuka disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat dengan kadar gula yang terkontrol. Adapun beberapa jenis makanan yang perlu dihindari atau dibatasi konsumsinya antara lain gorengan, minuman manis berpengawet, hingga air soda.

Sedangkan makanan dan minuman yang dianjurkan yakni sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian, nasi putih, lauk pauk, sayur, buah-buahan dan cukup minum air putih sebanyak 2 liter per hari. Batasi gula, garam, dan lemak. Konsepnya harus seimbang antara karbohidrat, protein, dan lain-lainnya.
Orang yang berpuasa juga diimbau untuk tetap melakukan aktivitas fisik atau berolahraga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh. Aktivitas ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki selama 20 hingga 30 menit atau sekitar 6.000 langkah per hari.

Selain itu, perlu terus menjalankan pola hidup bersih dan sehat baik kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari penyakit.

Sumber: Antara

Komen