Carian
Tips Berpuasa Di Saat Cuaca Panas 
March 12, 2024 Arifin

Ketika menjalani ibadah puasa Ramadan, teriknya matahari dapat menjadi tantangan tersendiri. Lantas apa saja yang dapat dilakukan agar ibadah puasa dapat optimal walau di tengah cuaca yang panas.

Bila dikalkulasi, tantangan berpuasa ketika cuaca panas, yakni mudah berkeringat, sehingga perut cepat terasa lapar. Cuaca panas juga dapat menyulut manusia, hingga menjadi lebih emosional. Lalu terdapat tantangan, berupa tingginya keinginan untuk mengonsumsi minuman manis dan dingin. Hal tersebut menimbulkan kerawanan radang tenggorokan dan panas dalam.

Tips berpuasa di saat cuaca panas, dapat dimulai sejak sahur, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Lalu perbanyak makan sayur, buah, serta air mineral.

Saat berpuasa, dapat menggunakan pakaian berbahan katun yang lembut serta cepat menyerap keringat. Seseorang juga dapat menghindari sinar matahari secara langsung. Lalu, bila berakativitas di luar ruangan, bisa mengenakan topi atau payung untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Ketika berbuka, dianjurkan minum air mineral dan makan beberapa butir kurma. Perhatikan hidrasi dari tubuh. Tips lainnya yakni dengan memberi jeda beberapa menit, untuk mengonsumsi makanan lainnya. Seseorang juga disarankan agar jangan mengonsumsi makanan/minuman secara berlebihan untuk menghindari masalah pencernaan.

Sumber: Antara

Komen