Carian
Menjaga Pola Makan Saat Berpuasa
March 15, 2024 Arifin

Pengolahan makanan selama puasa perlu diperhatikan agar mendapatkan faedah berpuasa untuk kesehatan. Banyak mengonsumsi makanan yang kelebihan gula maupun bersantan bisa menyebabkan masalah kesehatan di akhir bulan puasa yang tidak diharapkan seperti tingginya kadar gula darah yang berujung diabetes.

Selama puasa harus selalu mengonsumsi makanan yang menganut diet gizi seimbang dan lengkap yang terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak dalam komposisi yang baik dan sumber yang baik.

Selain mencukupi makronurtrien, mikronutrien juga harus dipenuhi vitamin serta mineral, tak hanya dari buah dan sayur, namun dapat dari bahan makanan lainnya yang mengandung mineral dari protein seperti ikan dan kacang-kacangan.

Vitamin dan mineral dapat dicukupkan dari bahan-bahan yang mengandung protein misalnya ikan, itu ada mineralnya, kemudian bila mengonsumsi kacang-kacangan ada mineralnya.

Sementara saat sahur, cairan harus selalu terpenuhi untuk mencegah potensi dehidrasi selama 12-13 jam berpuasa. Cairan tak hanya didapatkan dari air mineral yang diminum namun dapat diselipkan dari makanan yang berkuah atau dari buah yang mengandung banyak air seperti jeruk, mangga dan buah naga yang diblender menjadi smoothies.

Disarankan untuk mengonsumsi semangkuk sedang buah untuk menutup sahur, dan mengonsumsi bermacam varian buah agar memenuhi asupan serat yang dapat menahan rasa kenyang lebih lama.

Satu serving di saat berbuka seperti saat makan malam dan satu serving saat sahur kira-kira satu mangkok ukuran sedang, aneka macam buah lebih direkomendasikan daripada hanya mengonsumsi satu jenis buah yang monoton setiap hari.

Sumber: Antara

Komen