Carian
Ngantuk Saat Berpuasa? Sudah Coba “Power Nap”? 
March 20, 2024 Arifin

Puasa, tidur, istirahat – kata-kata tersebut dapat saling terkait serta memengaruhi. Adakah Anda tertarik untuk mencoba opsi power nap? Power nap merupakan istilah untuk tidur siang singkat dengan durasi sekitar 15–30 menit. Merujuk situs Sleep Advisor menyebutkan bahwa durasi tidur siang terbaik bagi orang dewasa adalah 20–30 menit.

Power nap merupakan upaya di sela kegiatan untuk mengembalikan stamina selama berpuasa. Di samping itu dapat membuat tubuh kembali bugar serta rasa kantuk berkurang.

Tips lain yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh fit dan bugar saat berpuasa, yakni dengan tidur lebih cepat. Dengan begitu akan bangun lebih awal dari biasanya serta memajukan waktu tidur. Bila terbiasa tidur pukul 22.00, cobalah untuk mulai tidur satu jam lebih awal.

Perhatikan pula lingkungan tidur seperti kamar dalam kondisi tenang dan minim cahaya agar tidur lebih berkualitas. Jikaa perlu bisa menggunakan earplug atau masker mata untuk memudahkan tubuh tidur dan istirahat.

Tips lainnya ketika berbuka puasa, disarankan menghindari makanan yang kaya kalori, gula, terlalu pedas, atau digoreng dengan minyak terlalu banyak. Sistem pencernaan perlu usaha ekstra untuk mengolah asupan tersebut yang berisiko mengganggu waktu tidur.

Puasa juga bukanlah alasan untuk tak beraktivitas fisik. Sebaiknya 30 menit per hari, ada aktivitas fisik intensitas ringan seperti joging atau berjalan cepat.

Sumber: Antara, Hello Sehat

Komen