Carian
Kepadamu Pencinta Buku 
March 21, 2024 Arifin

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman sebagai pencinta buku. Jurnalis Najwa Shihab pernah berujar, “Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu, mari jatuh cinta!”. Bagaimana dengan Anda, adakah masih ingat buku yang membuka gerbang kecintaan Anda terhadap membaca?

Buku dari pengalaman saya, merupakan partner dalam berpikir, berimajinasi. Maka bila boleh memberi saran, ketika membaca buku, aktifkan diri, aktifkan pikiran, serta daya khayal. Ketika membaca, bisa dengan memberi catatan, mempertanyakan, mengingat sejumlah poin menariknya.

Membaca buku, tak berarti usai saja ketika menutup lembarannya. Apa yang dibaca dapat menjadi bahan obrolan, inspirasi, serta amunisi untuk menulis. Dengan menempuh ragam cara tersebut, maka apa yang dibaca dapat lebih mengait, terkenang, serta dapat diterapkan dengan lebih luas.

Menjadi pencinta buku juga berarti harus bersiap dengan kehilangan. Kehilangan buku dapat beragam penyebabnya, ada yang dipinjam (tak kembali), hilang ketika berpindah tempat domisili, ataupun dimakan rayap. Semoga dapat berdamai dengan kehilangan terhadap buku ya.

Pencinta buku juga bisa memanfaatkan me time dengan membaca. Aduhai ketika ada kesempatan me time dengan maraton membaca. Sungguh kenikmatan yang luar biasa.

Perihal maraton membaca, logisnya dapat terjadi. Ada beberapa buku yang memiliki daya itu, hingga membuat membaca terus, lagi, terus, lagi. Agak disayangkannya bila maraton membaca dilakukan, tiba-tiba sudah menuju habis halaman buku yang dibaca.

Buku, baik secara fisik maupun elektronik, dapat menjadi teman perjalanan yang menyenangkan. Membaca buku di perjalanan, di tempat tertentu, menjadi sekelumit kenikmatan lainnya bagi para kutu buku.

Komen