Carian
Kebersamaan Yang Bikin Kangen Saat Ramadan 
March 28, 2024 Arifin

Bulan Ramadan terasa istimewa. Tak hanya dikarenakan berlipat gandanya ganjaran pahala, melainkan juga sejumlah kesempatan untuk merajut tenun kebaikan bersama-sama. Sejumlah kebersamaan yang dilakukan saat Ramadan, sesungguhnya dapat menimbulkan rasa kangen di bulan-bulan lainnya.

Sebut saja dengan ibadah tarawih yang dilakukan secara berjamaah. Mumpung masih ada hari-hari menjelang, mari terus melakoni ibadah tarawih berjamaah ini bagi umat muslim.

Pada bulan puasa juga muncul semangat untuk mengkhatamkan Al-Qur’an. Secara visual, pendengaran, maka dapat ditemui dimana-mana orang yang sedang melakukan tadarus.

Kebersamaan di bulan puasa juga dapat terlihat ketika sedang berburu takjil. Muncul sejumlah bazar, pasar kaget, yang memberikan opsi lebih dan beragam sebagai hidangan berbuka. Ada semangat sama-sama, serta seru berburu menu apa ya hari ini.

Momen buka puasa juga dapat menjadi memorable di Ramadan. Baik itu yang dilakukan dengan keluarga, teman. Keluarga inti ataupun keluarga besar menjadikan momen buka puasa sebagai berkumpul, tak hanya hidangan, namun juga cerita-cerita sanak saudara. Sejumlah reuni pun lazim terjadi di bulan Ramadan, baik teman-teman semasa sekolah, teman di tempat pekerjaan. Berbuka puasa bersama merupakan momentum yang tepat untuk keep in touch bertemu muka dengan rekan-rekan yang sekian purnama tak berjumpa.

Kebersamaan yang bikin kangen di Ramadan juga dapat mewujud ketika sedang membuat kue ataupun hidangan Hari Raya. Hal tersebut lazim dilakukan secara gotong royong. Mereka yang turut pun bisa dengan segenap kontribusi serta keahlian. Ada semangat kebersamaan demi terwujudnya kue serta hidangan Hari Raya.  Mengimbau kembali memori-memori lama saat kecil dulu pun dapat muncul, ketika lebih kerap memakan kue yang sedang disiapkan untuk Hari Raya.

Komen