Carian
Yuk, Ajak Anak Keluar Rumah! 
April 3, 2024 Arifin

Keluar dari kamar ataupun rumah, ternyata dibutuhkan oleh manusia. Hal tersebut di antaranya terkait dengan kebutuhan gerak manusia. Pada anak, kegiatan luar ruang dibutuhkan, agar anak dapat bergerak yang dibutuhkan oleh tubuhnya, maupun kesempatannya untuk bersosialisasi.

Kegiatan di luar ruangan juga dapat mengaktivasi panca indra. Mata yang memungkinkan untuk melihat lebih jauh dan beragam.

Telinga yang memungkinkan mendengar aneka bunyi. Tahukah Anda, salah satu tantangan dari pandemi Covid-19 tempo lalu, dikarenakan anak #dirumahsaja, maka pada beberapa anak kurang terstimulasi bunyi yang beragam serta volume tertentu. Bunyi di dalam rumah, di dalam ruangan, berbeda kiranya dengan bunyi ketika telah berada di luar ruangan. Para orang tua perlu untuk menstimulasi anak dengan bunyi-bunyi di luar ruangan, dengan mengajak mereka keluar rumah.

Keluar rumah juga menstimulasi panca indra anak untuk melakukan pengamatan secara langsung. Sebagai manusia yang masih baru di dunia ini, ada banyak hal yang menarik dan menimbulkan tanya bagi anak. Maka keluar rumah, merupakan wahana untuk mengakomodasi hal tersebut. Keluar rumah dengan tujuan tertentu juga dapat dipertimbangkan. Perihal apa yang sedang digemari anak, serta dapat memberikan nilai pembelajaran.

Keluar dari zona nyaman berupa rumah, juga membawa pada kemungkinan yang tidak terprediksi. Maka salah satu cara mengasah keterampilan tersebut yakni dengan bersiap dan menghadapinya. Maka ayah-bunda-anak, ketika keluar rumah dapat menjadi tim. Ingatlah bahwa anak tak hanya sekadar belajar dari apa yang dikatakan, melainkan juga ia akan melihat respons orang tuanya terhadap berbagai hal di luar kendali ketika berada di luar rumah.

Keluar rumah juga merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan vitamin D bagi anak. Perhatikan jam keluar rumahnya yang memungkinkan mendapatkan vitamin D secara optimal. Di samping itu gunakan tabir surya untuk perlindungan terhadap sinar ultraviolet.

Komen