Carian
Para Peneliti Dalam Kisah Fantasi 
April 17, 2024 Arifin

Ada banyak karakter pada serial anime “Attack on Titan”. Salah satu yang unik yakni Hange Zoë. Ia dikenal sebagai peneliti Titan. Hange mempelajari mengenai Titan yang merupakan momok bagi manusia di dalam dinding.

Eksentriknya Hange terhadap para Titan, untuk mengetahui sejumlah ciri, berupaya berkomunikasi dengan para Titan. Rumus tentang mengenal musuh, mempelajari musuh, memang terdapat pada kisah semacam ini. Pada “Kingdom” terdapat tabib wanita Seo-bi yang berusaha mempelajari karakteristik zombi, untuk kemudian menemukan obat bagi wabah yang dapat mengubah orang menjadi zombi.

Bergeser ke film lain, terdapat “Arrival” yang mengisahkan Louise Banks seorang ahli bahasa yang ditugaskan memecahkan teka-teki bahasa alien. Seperti dilansir BBC, Louise diminta oleh pemerintah Amerika Serikat, karena komunikasi antara pemerintah dan alien selalu gagal karena perbedaan bahasa. Alien tersebut tidak mengerti bahasa manusia. Mereka tak memahami subjek, predikat, kata kerja, dan objek.

Louise pada akhirnya mampu menerka bahasa tulis Alien yang berbentuk berbagai lingkaran tinta hitam, yang tampak hidup.

Melalui para karakter seperti Hange, Seo-bi, Louise, para penonton diajak untuk memahami dari sisi yang lain. Memahami tentang ancaman yang mengancam para manusia. Namun, di sisi lain seperti memantik pertanyaan tentang jangan-jangan antagonisnya adalah manusia sendiri.

Melalui para karakter seperti Hange, Seo-bi, Louise, para penonton diajak untuk mengenal tentang sejumlah ciri dari ancaman itu, baik titan, zombi, alien. Di samping itu ada nilai-nilai universal yang terjembatani melalui mereka. Nilai universal yang berlaku bagi manusia, titan, zombi, alien.

Komen