Carian
Bagaimana Makanan Diceritakan? 
April 18, 2024 Arifin

Bagaimana makanan diceritakan? Bagi generasi 90-an, penceritaan itu hadir secara visual melalui anime “Born to Cook”. Bagaimana asal bahan-bahan masakan, cara pengolahannya, menjadi upaya bertutur tentang makanan. Tentu di anime tersebut sejumlah hiperbola disajikan, yang memadukan humor serta drama tertentu.

Bagaimana makanan diceritakan? Novel “Aruna & Lidahnya” merupakan salah satu referensi. Masih kurang? Anda pun dapat menonton versi filmnya yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Dian Sastro.

Bagaimana makanan diceritakan? Khazanah saya bertambah lagi, selepas akhir pekan kemarin berburu buku murah di Gramedia Matraman. Salah satu buku yang saya beli karya Bondan Winarno yakni “100 Mak Nyus Makanan Tradisional Indonesia”.

Bondan Winarno merupakan seorang foodie (penikmat makanan). Bondan memiliki latar kewartawanan, antara lain sebagai Pemimpin Redaksi SWA dan Suara Pembaruan. Bondan juga dikenal dengan acara kuliner di TransTV dengan slogannya yang kesohor “Mak Nyus”.

Bagaimana makanan diceritakan oleh Bondan Winarno? Sebagai foodie, lidah Bondan telah mencicipi aneka kuliner tradisional Indonesia serta berbagai ragam makanan di berbagai negara. Hal tersebut membuat ia dapat melakukan komparasi.

Ambil contoh pada Mi Aceh, Bondan melakukan komparasi sebagai berikut:

Di Malaysia – yang memiliki cukup banyak penduduk keturunan India/Pakistan – juga populer mi yang sangat mirip penampilannya dengan mi aceh ini. Di sana, mi seperti itu disebut mi mamak. Kaum mamak adalah sebutan bagi orang-orang dari rumpun India-Pakistan yang berkulit gelap. Genre mi rasa kari seperti ini juga dapat ditemukan di Thailand Utara, sekitar Chiangmai, dengan nama khao soy.

Makanan yang diceritakan oleh Bondan Winarno juga terkait bagaimana cara mengolahnya. Ambil misal pada hidangan Sie Itek yang dijelaskan sebagai berikut:

Jira ikan ini memang biasa dipakai untuk memasak ikan guna menghilangkan aroma amis atau anyir. Penggunaannya dalam masakan bebek juga untuk menyirnakan aroma bebek yang khas.

Bagaimana makanan diceritakan? Berbagai kreator konten baik di media cetak, media elektronik, di dunia maya dengan rubrik kulinernya punya cara masing-masing. Suatu bukti bahwa kuliner merupakan bahasa universal dan inklusif yang dapat didekati dengan berbagai cara.

Komen