Carian
Menikmati Saat Ini 
April 23, 2024 Arifin

Dapatkah seseorang berfokus pada saat ini? Menikmati saat ini? Hal tersebut dapat diupayakan, dilatih terus-menerus. Di samping itu beberapa hal yang dapat membuat diri dapat kurang berfokus pada saat ini, yakni masa lalu dan masa mendatang.

Masa lalu yang dapat membawa dampak, melekat pada masa kini. Di sisi lain sesungguhnya masa kini merupakan kesempatan baru, momentum baru untuk melakukan sesuatu.

Masa mendatang yang dicemaskan, dikhawatirkan, juga membuat masa kini tidak benar-benar dapat dinikmati, disyukuri. Memang diperlukan antisipasi, persiapan. Namun, di sisi lain bisa jadi apa yang dikhawatirkan tak terjadi.

Menikmati saat ini, maka berusahalah untuk ‘hadir’ pada saat ini, mindful. Berusahalah untuk melakukan sebaik-baiknya pada masa yang sedang dijalani.

Menikmati saat ini juga dapat dimaknai bagi para orang tua untuk menikmati fase-fase yang dijalani oleh anak. Syukuri momen-momen kebersamaan dengan anak pada tiap fase tumbuh kembang anak. Membersamai anak. Dikarenakan seperti sekelebat saja anak tiba-tiba telah di fase tertentu.

Menikmati saat ini juga dapat berupa sejumlah syukur akan apa-apa yang didapatkan. Melakukan journaling secara rutin merupakan salah satu metode untuk memindai sesungguhnya ada begitu banyak kenikmatan yang dirasakan pada hari-hari yang dilalui.

Menikmati saat ini juga dapat dimaknai untuk menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Apa kiranya hal positif, hal berdampak yang dapat dilakukan. Hidupkan saat-saat kini dengan berlomba-lomba mengerjakan kebaikan.

Komen