Carian
Memilih Konten Sesuai Umur Anak 
April 25, 2024 Arifin

Pada era kini, keterpaparan anak terhadap suatu konten dapat datang dari berbagai penjuru. Tontonan serta gim dapat menjadi konten yang diserap dalam keseharian anak. Perlu kiranya untuk memilah, memilih konten sesuai umur anak.

Terkait tontonan misalnya, ayah bunda perlu membersamai anak dengan mendampinginya ikut menonton. Dari situ akan dapat terdeteksi adakah konten tontonan berfaedah, serta sesuai dengan umur anak. Dikarenakan ada beberapa tontonan yang tampak seperti untuk anak, namun isinya sesungguhnya tak elok untuk ditonton anak. Ayah-bunda pun dapat mengikuti sejumlah ilmu parenting, serta mencari informasi untuk jenjang umur tertentu tontonan apa saja yang direkomendasikan.

Tontonan dapat menjadi tuntunan serta menstimulasi anak. Maka bila yang ditontonnya kurang baik, tuntunan yang diikuti pun akan tak tepat. Hal tersebut dapat berpengaruh pada perkataan, pikiran, serta perbuatan.

Berbincang dengan anak dapat menjadi cara untuk mengetahui apa saja yang ditonton oleh anak. Sekiranya ada diksi yang tak sesuai, maka orang tua hendaknya menelusuri dengan bijak, darimana anak mendapatkan kosakata tersebut. Bila dari tontonan, maka ada baiknya untuk mengalihkan pada tontonan yang sesuai bagi anak.

Limit screen time juga perlu diperhatikan bagi anak. Berbagai aktivitas lainnya yang sekiranya menstimulasi olah raga, olah rasa, olah pikir, olah hati, dapat dilakukan.

Pun begitu dengan gim, maka perhatikan jenjang umur yang boleh memainkan. Durasi bermain gim juga perlu diperhatikan. Di samping itu orang tua serta guru juga dapat mempertimbangkan untuk memainkan sejumlah permainan tradisional.

Permainan seperti benteng, congklak, gobak sodor, dan permainan-permainan lain memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Permainan-permainan tersebut mengajarkan karakter-karakter positif seperti kerja sama, bertanggung jawab terhadap apa yang kita pilih, budaya antre, sportivitas, dan banyak lagi. Selain itu memainkannya juga menyehatkan raga, karena banyak permainan tradisional yang mengharuskan pemainnya untuk bergerak, melompat, ataupun berlari.

Komen