Carian
Merasa Tak Bahagia? Sudah Mencoba Gratitude Journal? 
April 29, 2024 Arifin

Tahukah Anda tentang jurnal bersyukur (gratitude journal)? Gratitude journal merupakan semacam diari, yang ditulis secara rutin, sebagai salah satu cara menyirnakan rasa tidak bahagia.

Seseorang dapat membuat tulisan tentang hal-hal yang disyukuri, hal yang sederhana saja pun perlu disyukuri. Ketika itu dilakukan secara rutin, itu dapat membantu menyirnakan rasa tidak bahagia.

Isi jurnal bersyukur (gratitude journal) sedikit berbeda dari diari kebanyakan orang, karena isinya bukan berupa keluh kesah.

Pada gratitude journal sebaiknya tidak menuliskan keluh kesah atau membandingkan-bandingkan kebahagiaan sendiri dengan standar kebahagiaan yang berasal dari luar diri. Menciptakan kebahagiaan sendiri karena setiap orang berhak bahagia dan bahagia itu ternyata segala hal baik yang kita punya.

Untuk penulisan gratitude journal disarankan untuk menuliskan pencapaian-pencapaian sederhana yang disenangi, misalnya bertemu orang yang menyenangkan, atau melakukan latihan gym agar memacu diri mengulangi kesenangan itu esok hari.

Menulis jurnal bersyukur (gratitude journal) bisa membuat manusia belajar untuk menerima realitas dan melihat segala persoalan dari sisi positif. Bahkan manusia dapat mengubah perspektifnya agar tak terlalu terpaku pada sisi negatif, sehingga ke depannya ketika persoalan itu datang lagi, dia bisa belajar dari pengalaman.

Peran penerimaan yang baik dan penghargaan untuk diri sendiri merupakan sesuatu yang sangat mendasar. Ketika seseorang telah bisa mempraktikkan, mengucapkan penerimaan yang baik terhadap diri sendiri maupun terhadap situasi kehidupan yang dialami, itu akan membantu seseorang menjadi lebih bahagia.

Sumber: Antara

Komen