Carian
Jaga Kesehatan Leher Dengan Posisi Tidur Yang Tepat 
May 3, 2024 Arifin

Penggunaan bantal yang salah bisa mengganggu otot leher dan bahkan tulang, terutama bila seseorang tidur tetap dalam posisi sama dalam waktu lama.

Posisi tidur amat penting, jangan menetap di satu posisi. Secara fisik dan naluri badan selama beberapa jam akan memberi kesempatan untuk merelaksasi dengan berganti posisi.

Bila sesekali salah bantal, biasanya hanya otot saja itu, siang atau sore sudah dapat enak kembali lagi seperti semula. Namun, salah batal yang tak kunjung membaik biasanya terjadi karena sudah terlalu sering tidur dengan posisi yang tidak baik, sehingga sudah melibatkan saraf, dan kondisi tersebut biasanya terjadi pada orang tua yang cenderung tidur dalam waktu yang lama tanpa mengubah posisi tidur.

Ketidaknyamanan tersebut awalnya mungkin hanya dirasakan sebagai pegal-pegal yang dapat mereda setelah dipijat atau digerakkan. Namun, bila masalah ini terjadi secara berulang, dapat menyebabkan degenerasi dan penekanan pada saraf di leher.

Untuk mengatasi masalah tersebut, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan, di antaranya dengan merelaksasi otot leher dan penggunaan obat topikal pada bagian leher. 

Lakukan menggerakkan secara gradual depan belakang, menoleh, itu sudah cukup untuk merelaksasi otot yang tadinya kencang. Bisa pula memberikan obat topikal pada bagian leher, biasanya siang, sore, atau besoknya sudah enak.

Bila masalah disebabkan oleh penggunaan bantal yang salah, mencoba untuk menjemur bantal dan tidur di atasnya setelah dijemur dapat memberikan bantuan sementara untuk leher yang kaku. Hal itu membantu menjaga kelenturan bantal dan membuatnya lebih nyaman untuk digunakan. 

Sumber: Antara

Komen