Carian
Apa Sih Serunya Membaca Ulang Buku Yang Pernah Dibaca? 
May 3, 2024 Arifin

Sejumlah istilah dikenal di dunia baca. Untukmu para pencinta buku, teramat mungkin telah melakukannya, namun bisa jadi belum mengetahui istilah teknisnya. Sejumlah istilah tersebut, di antaranya currently reading (CR) yakni sebutan untuk buku yang sedang dibaca. Buku apa yang sedang Anda baca pada hari-hari belakangan ini?

Terkait buku yang sedang dibaca juga terdapat beberapa pilihan. Ada yang memilih membaca buku tertentu hingga tuntas, ada yang memilih membaca berbagai buku dengan ragam genre. Kalau saya pribadi lebih suka membaca berbagai buku dengan ragam genre. Pertimbangannya ada ragam asupan dengan varian tersebut. Meski begitu, terkadang bila sedang begitu seru dengan satu buku, bisa jadi maraton membaca buku tersebut hingga tuntas.

Mari mengenal istilah di dunia baca lainnya, yakni reread. Reread merupakan aktivitas membaca ulang buku yang pernah dibaca. Adakah Anda tipikal yang kerap melakukan reread? Menurut hemat saya, reread menyajikan keseruan, yakni memungkinkan seseorang menemukan ide yang terlewat. Ketika pertama kali membaca, bisa jadi ada bagian yang kurang optimal terbaca serta terpahami.

Reread juga merupakan “pilihan aman”. Dikarenakan seseorang telah tahu menyenangkan, serunya buku tersebut. Melakukan reread pada lini masa waktu yang berbeda juga dapat menimbulkan kesan yang berbeda. Mengapa begitu? Hal tersebut dikarenakan sudut pandang, pengalaman dari seseorang juga dapat berubah, bergeser. Buku apa saja yang Anda baca ulang lagi dan lagi?

Pengenalan terhadap istilah di dunia baca berikutnya yaitu Book Hangover, yakni situasi ketika seseorang selesai membaca satu buku, tetapi masih terjebak dalam dunia atau cerita di bukunya. Mereka juga akan terus memikirkan tokoh fiksi dalam cerita sampai tidak bisa membedakan realitas dan imajinasi.

“Masih terjebak dalam dunia atau cerita di buku” menurut hemat saya masih lazim dan wajar adanya. Namun, baiknya mewaspadai bila tak bisa membedakan realitas dan imajinasi. Perihal “masih terjebak dalam dunia atau cerita di buku”, dapat berarti begitu bagusnya buku yang dibaca dalam menghidupkan ekosistem cerita.

Seseorang pun dapat membuat karya versinya bila masih begitu bertaut dengan “dunia atau cerita di buku”. Misalnya, membuat karya yang terinspirasi dari “cerita di buku tersebut”, mencoba membuat cerita dari sudut pandang tokoh antagonisnya, ataupun berupaya membuat “spin-off versi sendiri”.

Sumber Istilah: Patjarmerah

Komen