Carian
Menemani Anak Berekspresi 
May 8, 2024 Arifin

Datanglah ke kejuaraan, kompetisi tertentu, maka Anda tak sekadar menemukan anak yang berkontestasi, melainkan juga support system mereka. Support system itu dapat berupa ayah-ibu (keluarga inti), ataupun keluarga besar.

Bila ditelusuri hal ini merupakan rangkaian dari hal-hal sebelumnya. Seperti dalam kejuaraan olahraga, maka terdapat latihan intens yang dilakoni oleh anak. Maka ada peran dari support system ini dalam latihan-latihan panjang yang diikuti anak.

Menemani anak berekspresi, menemani anak untuk mengasah keahliannya. Maka bagi orang tua perlu kiranya untuk mengalokasikan secara anggaran, teruntuk minat bakat anak. Pun begitu secara waktu untuk turut hadir di momen-momen anak tersebut.

Pada sejumlah film, cerita, menemani anak berekspresi, di antaranya ditunjukkan melalui sampel pertunjukan drama, dimana anak-anak sekolah menjadi pemeran dalam cerita. Bagaimana orang tua datang untuk menyaksikan pertunjukan tersebut.

Orang tua juga dapat mengupayakan anak untuk mencoba aneka hal-hal baru. Spektrum mencoba hal baru, tak lantas untuk ditekuni, namun paling tidak menjajal aneka pengalaman. Dengan begitu, anak pun akan terbiasa untuk mencoba, bereksperimentasi, menguji batasnya sendiri.

Berusaha memperkenalkan rupa-rupa keterampilan, beragam tempat, aneka manusia dengan kekhususannya. Hal tersebut merupakan bekal bagi anak, di samping itu untuk memupuk growth mindset.

Menyimak kodrat zaman, serta menimbang bakat, kehendak anak juga penting adanya. Sehingga pada waktu-waktu anak dapat dimaknai dengan berbagai kegiatan yang mengasah dirinya.

Komen