Carian
Apa Saja Yang Memengaruhi Tinggi Badan Anak? 
May 14, 2024 Arifin

Hormon pertumbuhan hingga asupan gizi bisa memengaruhi tinggi badan anak untuk terus tumbuh dan berkembang. Selain itu ada juga aktivitas fisik dan faktor genetik, meskipun untuk tumbuh optimal dibutuhkan makanan dengan nilai gizi yang berkualitas dan juga aktivitas fisik yang dapat merangsang pertumbuhan tulang sehingga dicapai tinggi badan yang optimal.

Jika berdasarkan gender, anak laki-laki dapat tumbuh tinggi sampai usia 20 tahun, sedangkan anak perempuan sampai dengan 18 tahun. Selama masa tersebut, orang tua diharapkan bisa mengoptimalkan asupan gizi yang baik.

Untuk mengoptimalkan asupan gizi anak, orang tua dapat membantu menstimulus produksi hormon pertumbuhan dengan memberi makanan berprotein yang bersumber dari hewan atau nabati.
Misalnya ikan laut maupun air tawar, daging unggas, daging sapi, telur, protein susu serta tempe, tahu dan sayuran berdaun hijau. Selain itu, kalsium berperan dalam pertumbuhan tulang bisa didapat dari susu serta olahannya.

Selama anak masih mengalami tumbuh kembang, ayah-bunda perlu memperhatikan pengaturan pola makan anak yang sesuai dengan kebutuhan dan usianya. Disertai dengan aktivitas fisik yang cukup sehingga seimbang antara makanan dan aktivitasnya.

Termasuk memantau berat badan untuk mengetahui apakah anak memiliki berat badan berlebih (obesitas) atau tidak. Hindari konsumsi gula yang berlebihan karena dengan konsumsi gula atau karbohidrat sederhana yang berlebih akan meningkatkan risiko obesitas dan diabetes melitus dalam keadaan tersebut dapat memengaruhi hormon pertumbuhan.

Sumber: Antara

Komen