Carian
Empat Fakta Tentang Penggunaan Tabir Surya
May 16, 2024 Arifin

Salah paham, miskonsepsi terkait penggunaan tabir surya dapat terjadi. Masih banyak yang menganggap penggunaan tabir surya tak esensial untuk mencegah dampak paparan sinar matahari, hal tersebut disebabkan kesalahpahaman tentang penggunaan tabir surya.

Padahal kanker kulit dapat dicegah dengan memakai pelindung serta rutin menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar. Penggunaan tabir surya juga berfaedah untuk menjaga kesehatan kulit.

Berikut empat fakta tentang penggunaan tabir surya:

Penggunaan tabir surya tidak menyebabkan kanker kulitAmerican Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan tabir surya berspektrum luas dan tahan air dengan SPF 30 atau lebih untuk mencegah kanker kulit.

Tabir surya tidak menyebabkan kanker kulit. Namun, orang yang menggunakan tabir surya mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari, sehingga meningkatkan risiko kanker kulit.

Perlu diketahui, paparan radiasi Ultra Violet (UV), yang dapat meningkatkan risiko kanker kulit, tidak sepenuhnya dapat dihindari dengan menggunakan tabir surya. Tabir surya tidak sepenuhnya memblokir radiasi UV.

Fakta berikutnya yakni tabir surya sebaiknya digunakan setiap hari, meski cuaca berawan. Radiasi UV tak sepenuhnya diblokir oleh awan, karenanya tabir surya sebaiknya digunakan setiap hari untuk mencegah kanker kulit.

Fakta selanjutnya yakni tabir surya sebaiknya dipakai ulang setiap dua jam atau lebih sering. SPF merupakan ukuran perlindungan UVB, tipe radiasi UV yang dapat menyebabkan kulit memerah dan terbakar.

Bila tabir surya memiliki nilai SPF 30, maka secara teoritis orang yang menggunakannya dalam jumlah yang cukup dapat terpapar sinar matahari 30 kali lebih lama sebelum kulitnya menjadi merah atau terbakar dibandingkan jika tidak memakai tabir surya.

Fakta yang perlu diketahui pula bahwa apapun warna kulit seseorang, tabir surya tetap diperlukan untuk mencegah paparan sinar UV

Paparan UV dapat mempercepat penuaan dan menimbulkan bintik hitam pada kulit. Tabir surya berwarna merupakan pilihan terbaik untuk melindungi wajah dari dampak sinar UV.

Sumber: Medical Daily, Antara

Komen