Carian
Kala Kiper Menjadi Pahlawan Di Situasi Satu Lawan Satu 
May 16, 2024 Arifin

Puja dan puji dihaturkan kepada Stefan Ortega. Situasi satu lawan satu dengan Son Heung-min, Ortega masih dapat mementahkan tendangan pemain Korea tersebut. Selamatlah gawang Manchester City dari kebobolan.

Apa jadinya bila Ortega gagal menangkal sepakan Son? Bisa jadi konstelasi klasemen Liga Inggris menuju partai ke-38 akan berbeda. Dengan hadangan Ortega, berperan menyelamatkan tiga poin Manchester Biru kala melawat ke kandang Tottenham Hotspur.

Situasi satu lawan satu semacam itu bila menilik ke arsip sejarah merupakan fakta menarik tersendiri. Bagaimana sang kiper dengan gagah berani menghadang peluang gol yang telah demikian terbuka.

Final Piala Dunia menjadi saksi dari peristiwa situasi satu lawan satu. Pada final Piala Dunia 2010 yang mempertemukan Belanda dan Spanyol. Situasi masih 0-0 saat itu. Terdapat Arjen Robben yang telah melejit meloloskan diri dari kawalan. Pemain yang identik dengan keandalan kaki kirinya ini pun bertemu dengan palagan terakhir: Iker Casillas. Palagan yang tak berhasil dilewati karena tendangan Robben berhasil dihadang.

Seperti diketahui dan tercatat dalam sejarah, Spanyol berhasil menjadi juara Piala Dunia melalui gol yang dicetak Andres Iniesta. Meski begitu, situasi Robben berhadapan satu lawan satu dengan Casillas akan tetap dikenang sebagai titik penting dan menentukan pula.

Final Piala Dunia 2022 juga menyajikan fakta menarik mengenai situasi satu lawan satu. Ketika babak perpanjangan waktu hampir usai, Kolo Muani berhasil menyusup ke garis depan hingga tinggal bersua dengan kiper Argentina Emiliano Martinez. Muani melepaskan tendangan keras terukur, namun berhasil dihadang oleh kaki Martinez. Momen krusial yang membawa pertandingan hingga ke fase adu penalti. Apa jadinya bila Martinez gagal menghadang sepakan Muani? Bisa jadi sejarah akan mencatat Prancis juara dengan dramatis di saat-saat akhir perpanjangan waktu. Namun, faktanya kiper Aston Villa tersebut berhasil menghadang dan kemudian juga turut berperan aktif di tahap adu penalti. Sejarah pun mencatat Argetina keluar sebagai juara di Piala Dunia 2022 dengan mengandaskan harapan Prancis.

Komen