Carian
Belajar Bahasa Asing Bisa Semenyenangkan Itu 
May 30, 2024 Arifin

Adakah belajar bahasa asing harus mengerutkan kening serta berpusing? Nyatanya belajar bahasa asing dapat dilakukan melalui pendekatan yang menyenangkan. Tanpa terasa belajar, namun sesungguhnya belajar.

Ya, belajar bahasa asing dapat diupayakan melalui jalur hiburan, baik itu gim, film, musik. Ambil contoh dengan gim, sejumlah gim yang menyertakan bahasa Inggris baik secara tulisan, maupun suara, dapat menjadi pintu untuk belajar. Sebab bila tak mampu memahami apa yang dimaksud dalam gim tersebut, bisa-bisa gim yang dimainkan tak kunjung tamat.

Bermain gim dengan latar bahasa Inggris juga membiasakan telinga untuk mendengar kata, kalimat, serta konteks yang ada. Bila ada yang tak dipahami, bisa mencari tahu apa yang dimaksud dari kata bahasa Inggris tersebut.

Belajar bahasa asing juga dapat dilakukan dengan membiasakan diri mendengar musik. Dengarkan musiknya, nikmati nadanya, belajar dari lirik yang ada. Bagi penyuka anime misalnya, tanpa sadar sesungguhnya dapat belajar bahasa Jepang tipis-tipis dengan mendengarkan lagu pembuka dan penutupnya. Hal ini juga dapat sambung menyambung menyukai musikus dari negara Matahari Terbit tersebut beserta dengan lagu-lagunya. Tentu lebih afdal bila tahu pula arti, makna dari lagu yang dinyanyikan.

Belajar bahasa asing juga dapat diupayakan melalui film. Seiring Korean wave, dapat dilihat betapa sejumlah diksi bahasa Korea akrab dilafalkan. Hal tersebut merupakan salah satu bukti bahwa film dapat menjadi cara belajar bahasa asing.

Komen