Carian
Cara Menyimpan Daging Kurban Yang Tepat 
June 11, 2024 Arifin

Hari Raya Iduladha tinggal hitungan hari. Perlu kiranya untuk mengetahui keilmuan perihal menyimpan daging kurban. Terdapat sejumlah tips menyimpan daging kurban dengan baik agar daging dapat bertahan lama saat disimpan dalam lemari pendingin maupun lemari pembeku.

Bersihkan daging dengan baik dan daging tidak perlu dicuci dengan air. Mencuci daging dengan air sebelum menyimpannya tidaklah dianjurkan karena bisa menimbulkan bakteri baru. Maka, daging cukup dibersihkan tanpa air, lalu pisahkan daging yang akan dimasak dan yang akan disimpan dalam lemari pendingin.

Setelah itu, kemas daging ke dalam wadah yang bersih dan dapat ditutup rapat. Hal ini untuk mencegah kelembapan berlebih pada daging dan kontaminasi dari bakteri yang merugikan.

Setelah dikemas dalam wadah tertutup, tempatkan daging ke dalam chiller (lemari pendingin khusus) terlebih dahulu selama kurang lebih 2 – 4 jam. Setelah itu, pindahkan daging ke freezer (lemari pembeku) agar struktur daging tidak rusak.

Pahami juga terdapat perbedaan masa ketahanan daging bila disimpan dalam chiller maupun freezer. Biasanya, daging sapi mentah yang disimpan dalam chiller bisa bertahan selama 3 – 5 hari. Dalam freezer, daging sapi mentah bisa bertahan selama 4 – 6 bulan.

Untuk daging kambing mentah, biasanya daging yang disimpan dalam chiller akan bertahan selama 3 – 5 hari. Sedangkan daging kambing mentah yang disimpan dalam freezer dapat bertahan selama 6 – 9 bulan.

Selain menyimpan daging kurban dengan benar, lakukan pengolahan daging dengan tepat. Saat memasak daging, seperti daging kurban, pastikan daging telah matang dengan sempurna.

Setelah matang, tempatkan masakan daging pada temperatur yang sesuai. Jangan lupa menggunakan air dan bahan mentah yang aman.

Sumber: Antara

Komen